Inilah Pertolongan Pertama Mengatasi HP Kecebur Air Yang Harus Kamu Lakukan

Pernahkah HP kamu secara nggak sengaja ketumpahan air atau kecebur air? Semoga saja belum. Tapi, mungkin ada di antara kalian yang pernah mengalaminya. Tenang saja, ada kok solusi untuk menyelamatkan ponselmu.

Mengatasi HP Kecebur Air
Mengatasi HP Kecebur Air

Handphone adalah barang yang hampir selalu kita bawa kapan saja dan di mana saja. Bahkan saat musim hujan pun, kita tetap setia dengan handphone dengan dilindungi plastik atau dimasukkan ke dalam tas. Meski demikian, terkadang kita ceroboh dalam menjaga handphone seperti handphone terkena air karena perlindungan yang tidak optimal. Dalam kondisi ini, kamu tentu panik karena handphone mati mendadak. Oleh karena itu, inilah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi HP kecebur air.

Jangan Menyalakan HP Selama Beberapa Jam Hingga Benar-Benar Kering

Jangan sekali-kali menyalakan HP saat baru kecebur air, karena akan mengakibatkan HP menjadi konslet, apabila tiba-tiba HP kemasukan air maka anda yang paling penting jangan sampai menyalakan HP terlebih dahulu. Jika anda menyalakan HP maka banyak sekali bagian bagian HP yang rusak seperti yang paling sering dialami yaitu touchscreen, serta tiba-tiba hang dan HP cepat panas. Maka dari itu jangan sampai menyalakan HP, hingga bisa dipastikan HP sudah benar-benar kering, atau dibiarkan hingga beberapa hari dulu.

Lepaslah Baterai, SIM Card, Dan Kartu SD

Setelah anda tidak menyalakan HP, maka selanjutnya yaitu dengan cara lepas mulai dari casing HP, batera, SIM Card, dan juga Kartu SD jika ada. Semua hal tersebut demi meminimalisir baterai dan kartu SD agar tidak mudah cepat rusak.

Segera Simpan HP ke Dalam Beras

Seperti kita ketahui bahwa beras mampu menyerap air yang terdapat pada smartphone anda walaupun masuk lubang yang terdapat pada HP yang paling kecil. Ketika sudah di masukan ke dalam beras maka cukup diamkan 1 hari hingga 1 minggu, jadi ketika anda sudah 1 hari maka coba hidupkan HP anda jika tidak menyala atau error touchscreennya maka biarkan hingga 1 minggu agar kering maksimal. Selain itu juga ketika sudah seminggu anda coba charger, karena biasanya ketika sisa sisa air tinggal sedikit ketika di aliri arus listrik maka air sedikit tersebut akan hilang. Selamat mencoba!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.