Karena Alasan Membahayakan, Google Resmi Larang Penggunaan Aplikasi Zoom

Terkait karena alasan keamanan dan membahayakan data pengguna, akhirnya Google mengeluarkan statement melarang penggunaan aplikasi Zoom terutama untuk karyawannya sendiri.

Google Larang Penggunaan Aplikasi Zoom
Google Larang Penggunaan Aplikasi Zoom

Hal tersebut bermula adanya beberapa temuan, salah satunya di Taiwan, dan pada akhirnya Pemerintah Taiwan melarang penggunaan Zoom oleh seluruh warganya terutama untuk perusahaan dan juga instansi.

Jika sebelumnya SpaceX sudah mengatakan larangannya terhadap aplikasi tersebut, kini giliran Google pun mendeklarasikan larangannya untuk warga dunia agar tidak menggunakan aplikasi Zoom.

Belakangan ini Zoom memang dihantui masalah keamanan dan privasi, salah satunya adalah Zoom Bombing. Laporan mengenai insiden ini di Amerika Serikat menurut FBI cukup tinggi.

Bahkan, menurut laporan CNN, dua pengguna Zoom mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan di pengadilan distrik California Utara pekan ini. Salah satu gugatan menuduh aplikasi video itu “telah gagal melindungi informasi pribadi jutaan pengguna perangkat lunaknya.”

Sebenarnya, Google pun mempunyai platform kompetitor Zoom yang bernama Meet. Meet ini adalah platform video conference Google yang merupakan bagian dari G Suite.

Larangan menggunakan Zoom diterima oleh karyawannya melalui email beberapa hari lalu. Google mengatakan kepada karyawan bahwa Zoom tidak akan berfungsi lagi pada perangkat Google.

Dalam imbauan itu, Google memerintahkan karyawan untuk menggunakan Meet, salah satu fitur untuk meeting punya perusahaan mesin pencari terbesar dari Amerika Serikat itu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.