Kehadiran Snapdragon 8150 Bakal Jadi Prosesor Dengan 7nm Pertama Qualcomm

Bocoran terbaru ungkap kehadiran chipset Snapdragon 8150 yang dibangun berdasarkan core Kryo generasi terbaru. Konfigurasinya bukan lagi 4 + 4, tetapi sejumlah rumor menyebutkan bahwa Qualcomm akan mengemas chipset ini dengan konfigurasi 2 + 2 + 4.

Qualcomm Snapdragon ok header
Qualcomm Snapdragon ok header

Bisa dibilang Snapdragon 8150 memiliki kemiripan desain tiga tingkat yang dipunyai Kirin 980 yang juga dibangun dengan teknologi fabrikasi 7 nanometer. Dua core berkaitan dengan kinerja, dua core untuk kecepatan dan empat core kecil untuk menangani tuga-tugas yang lebih ringan.

Snapdragon 8150 baru akan diluncurkan oleh Qualcomm pada Desember mendatang. Fitur andalannya tentulah pabrikasi 7nm dan dukungan jaringan 5G. Memang, untuk saat ini Apple dengan prosesor A12 Bionik mereka menjadi pioner di prosesor mobile dengan teknologi fabrikasi 7nm pertama.

Beberapa pihak menyebut jika prosesor tersebut akan diberi nama Snapdragon 855, mengikuti pola sebelumnya. Tapi, ada kabar jika Qualcomm akan mendobrak kebiasaan mereka, dengan memberi nama prosesor tersebut sebagai Snapdragon 8150.

Namun yang patut diperhatikan adalah kehadiran Snapdragon 8150 nantinya bisa kembali menorehkan tinta emas seperti Snapdragon 845 yang begitu disukai oleh banyak pabrikan smartphone. Dengan begitu, masih terbuka kesempatan bagi Qualcomm untuk berbenah diri agar dapat menjadi penerus terbaik bagi Snapdragon 845.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.