Kenali Penyebab Error the process com.google.process.gapps has stopped Dan Cara Mengatasinya

Masalah di android kali ini terbilang sering muncul, masalah ini biasanya berbentuk pesan error “the process com.google.process.gapps has stopped” atau “com.google.process.gapps has stopped unexpectedly”

Error the process com.google.process.gapps has stopped
Error the process com.google.process.gapps has stopped

hal ini biasaanya sering muncul saat sedang membuka suatu aplikasi atau setelah anda mendownload sebuah aplikasi baru di smartphone android anda.

Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah, cara ini dapat di pakai di semua jenis perangkat android dari berbagai jenis brand langsung saja ini dia caranya.

Disable Download Manager Pada SmartPhone Android Anda

Bagaimana jika kita tidak mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah atau tidak ingin menghapus data dari aplikasi tersebut? Nah untuk mengatasi kasus ini kita bisa mencoba untuk men-disable aplikasi Download Manager.

Caranya, buka Settings > Apps kemudian geser layar ke kiri untuk berpindah ke tab All  setelah itu carilah aplikasi yang bernama Download Manager atau Downloads tergantung dari perangkat yang digunakan. Di halaman pengaturan aplikasi tersebut silahkan tekan tombol Disable  kemudian tekan kembali tombol Enable . Dengan cara ini biasanya pesan error tidak akan muncul lagi.
Langkah Ke Dua Bersihkan Cache Aplikasi

Jika anda mendapatkan pesan error tersebut ketika membuka salah satu aplikasi saja, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah penyebabnya. Untuk memperbaikinya, buka Settings > Apps kemudian pilih aplikasi yang bermasalah tersebut.

Pada halaman pengaturan aplikasi tersebut, pilihlah opsi Clear Cache  untuk membersihkan cache-nya. Setelah itu coba cek kembali apakah pesan error tersebut masih ada atau tidak. Jika masih ada, bersihkan data aplikasi tersebut dengan mengklik tombol Clear Data . Jika ternyata masih ada juga, maka terpaksa anda harus menghapus kemudian menginstal lagi aplikasi tersebut.

Langkah Terakhir lakukan Reset app preferences

Langkah terakhir yang dapat anda coba adalah dengan melakukan reset app preferences . Caranya, buka Settings > Apps kemudian berpindah ke tab All . Di sana, klik tombol menu atau tombol berbentuk tiga titik vertikal di sebelah kanan atas atau kiri bawah tergantung perangkat yang anda gunakan.

Setelah itu pilihlah opsi ˜Reset app preferences ™ untuk mengembalikan pengaturan aplikasi menjadi seperti sedia kala. Setelah melakukannya maka pesan error “the process com.google.process.gapps has stopped” kemungkinan besar tidak akan muncul kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.