Khawatir Smartphone Anda Ilegal, Ini Dia Cara Mudah Cek IMEI di Semua Smartphone

IMEI atau International Mobile Equipment Identity bisa dibilang seperti identitasnya sebuah ponsel. Kode unik yang terdiri dari 15-16 digit angka ini menyimpan data-data penting loh. Pada umumnya cara cek IMEI di hampir kebanyakan HP Android mirip, namun ada juga yang memiliki cara tersendiri untuk mengetahuinya, seperti iPhone dan beberapa tipe Android tertentu.

Untuk Anda yang sudah membeli ponsel bekas diharapkan mengecek IMEI ponsel Anda apakah resmi atau tidak terdaftar. Saat ini Kemenprin sudah menerbitkan sebuah situs khusus untuk mengecek IMEI yang terdaftar resmi atau tidak. Jika IMEI pengguna tidak ada dalam database sistem, kemungkinan besar smartphone yang Anda gunakan bukanlah smartphone resmi alias termasuk black market.

Cek IMEI Smartphone
Cek IMEI Smartphone – Source: gadgetren.com

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara untuk mengecek nomor IMEI smartphone yang sedang kita gunakan saat ini. Untuk Anda yang masih belum tau bisa dilihat caranya dibawah sini.

Berikut ini cara cek IMEI di smartphone  :
  • Cara pertama, Anda tekan tombol *#06# dan akan langsung ada informasi mengenai IMEI smartphone yang Anda gunakan.
  • Cara kedua adalah dengan melihat langsung bagian about phone pada setiap smartphone. Cara ini biasanya ditemukan di Setting -> System -> About Phone. Pada halaman tersebut akan muncul informasi model, build number, versi Android hingga spesifikasi singkat dari smartphone yang digunakan.
  • Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yaitu My IMEI. Jika Anda sudah menginstalnya maka langsung buka aplikasi dan secara otomatis nomor IMEI smartphone Anda akan terlihat.

Jika Anda sudah mengetahui nomor IMEI dari smartphone Anda, maka selanjutnya adalah dengan cara mengecek di situs Kemenperin apakah IMEI Anda terdaftar secara resmi atau tidak. Untuk Anda yang ingin mengeceknya bisa klik disini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.