Koneksi Internet Ponsel Anda Lemot, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!

  • Bagikan
Cara Mudah Mengatasi Koneksi Internet Ponsel Lemot
Cara Mudah Mengatasi Koneksi Internet Ponsel Lemot

Memiliki koneksi internet lemot merupakan masalah besar bagi semua orang. Pasalnya, zaman yang modern ini semua orang tidak bisa terlepas dari aktifitas internetan setiap harinya bahkan setiap saat. Koneksi internet yang stabil dan cepat menjadi dambaan bahkan impian semua pengguna ponsel cerdas.

Cara Mudah Mengatasi Koneksi Internet Ponsel Lemot
Cara Mudah Mengatasi Koneksi Internet Ponsel Lemot

image source

Istilah ini lebih terkenal dengan “online”. Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia dengan mudah dalam mengakses data. Tidak sedikit, banyak orang dibuat kesal jika menghadapi koneksi internet tiba-tiba lemot pada ponselnya. Nah, agar Anda tidak berlarut dalam menghadapi masalah ini, berikut penulis berikan 5 langkah cepat untuk mengatasi ponsel Anda yang memiliki koneksi internet buruk alias tidak stabil.

Cara Mudah Mengatasi Koneksi Internet Ponsel Lemot

Restart Ponsel

Jika Anda mengalami koneksi Internet tiba-tiba melambat, sebagai langkah awal, coba lakukan Restart pada ponsel Anda. Me-Restart ponsel akan menyegarkan semua sistem bahkan jaringan internet Anda. Cara ini tidak hanya bisa Anda lakukan ketika koneksi internet lemot saja, melainkan juga dapat mengatasi masalah kecil pada sistem yang menyebabkan ponsel jadi lemot dan berpengaruh pada koneksi jaringan internet.

Untuk melakukannya, tekan saja tombol power pada ponsel Anda, tombol ini biasanya terletak pada bagian belakang perangkat. Kemudian pilih opsi Mulai Ulang atau Restart. Tunggu hingga ponsel Anda menyala kembali dan coba tes kembali koneksi internet Anda. Jika masalah belum terselesaikan, coba masuk pada opsi selanjutnyaa.

Pindah Lokasi

Lokasi menjadi penentu kualitas koneksi jaringan internet ponsel Anda. Jika Anda berada pada lokasi sinyal yang baik, masa bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan koneksi internet yang lancar. Jika tidak, maka Anda akan mengalami masalah besar yang akan membuat Anda kesal. Internet yang lemot cenderung membuat seseorang kesal, marah bahkan pekerjaan yang tak kunjung selesai.

Cobalah dengan pindah lokasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa lokasi Anda tidak memiliki intensitas sinyal yang buruk. Jika kemudian setelah Anda pindah, koneksi internet Anda jadi lebih lancar dan nyaman, maka kemungkinan lokasi tempat Anda yang semula sedang mengalami penurunan signal sehingga menyebabkan internet melambat. Jika Anda sedang berada dalam rumah, coba pindah keluar rumah untuk memastikan koneksi internet berfungsi dengan baik.

Update Aplikasi

Satu hal yang terkadang tidak sempat terfikirkan adalah aplikasi yang sudah usang alias aplikasi perlu mendapatkan pembaruan. Pembaruan biasanya datang untuk memperbaiki masalah sebelumnya atau jika diketahui terdapat bug yang menggangu dalam aplikasi tersebut. Misalnya koneksi internet yang melambat karena adanya bug sistem. Cobalah dengan melakukan pembaruan aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store. Kemudian Anda bisa mencobanya kembali.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus aplikasi bawaan ponsel jika terlalu banyak, karena ini menjadi salah satu faktor juga untuk membuat kinerja ponsel jadi semakin lancar.

Matikan Fitur Hemat Data

Sebagian besar ponsel keluaran terbaru memiliki fitur Mode Hemat Data. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi penggunaan data dengaan cara membatasi koneksi internetnya. Cobalah periksa terlebih dahulu apakah fitur ini aktif atau tidak. Jika ternyata Aktif, coba matikan fitur ini untuk memastikan koneksi internet Anda berjalan tanpa batasan. Anda dapat memeriksa mode ini melalui Pengaturan => Jaringan & Internet => Data Saver atau Mode Hemat Data.

Periksa Sambungan VPN

VPN memberikan pengaruh besar terhadap lalu lintas jaringan internet. VPN sendiri berfungsi untuk mengakses situs maupun aplikasi tertentu tanpa batasan. Misalnya Anda ingin membuka situs yang terblokir oleh jaringan internet lokal Anda. Anda bisa menggunakan VPN untuk bisa mengakses situs tersebut. Tapi perlu Anda ingat, bahwa VPN dapat mempengaruhi koneksi jaringan internet Anda meskipun koneksi sebelumnya Anda lancar dan sangat baik.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.