Kriteria Memilih Smartphone Android sesuai Kebutuhan

Anda ingin membeli sebuah smartphone berbasis Android? Oke. Membeli sebuah smartphone memang mudah. Namun demikian, tentunya kita tidak ingin kecewa terhadap produk yang kita beli bukan? Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa prasyarat atau paling tidak mengetahui, sebenarnya smartphone apa sih yang kita butuhkan?

kriteria memilih smartphone android

Dari beberapa kategori dan spesifikasi khusus pada sebuah smartphone, sepertinya terlalu banyak jika kita bahas satu persatu. Untuk itu, disini kami hanya ingin memberikan sedikit tips umum yang perlu diketahui agar smartphone Anda, khususnya yang menggunakan OS Android tidak mengalami kekecewaan. Berikut beberapa panduan sederhana yang bisa Anda jadikan pegangan ketika ingin membeli produk tersebut.

Layar

Ini merupakan bagian utama yang harus Anda perhatikan. Berapa ukuran layar yang Anda inginkan, kira kira nantinya aktivitas Anda sehari hari lebih di dominasi oleh apa sih? Membaca email, main game, menelepon, browsing, atau yang lainnya. Jika Anda tidak bisa membedakan aktivitas yang paling dominan, tentu saja sangat disarankan memilih smartphone Android dengan ukuran layar yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar, yang penting ketika digunakan untuk beberapa hal seperti diatas, Anda merasa nyaman dan optimal.

Berapa resolusi Layar

Spesifikasi layar biasanya selalu identik dengan resolusi dan ukuran layar. Tentunya semakin tajam dan tinggi resolusi yang ada pada sebuah layar smartphone, maka akan semakin nyaman ketika digunakan, apalagi jika Anda hobby main game atau photo yang membutuhkan spesifikasi dan resolusi tinggi. Namun jangan khawatir, karena saat ini hampir sebagian besar smartphone keluaran terbaru sudah menyediakan layar dengan resolusi yang cukup bagus.

Spesifikasi processor

Seperti umumnya ketika akan membeli sebuah PC, maka ketika Anda membeli smartphone juga demikian, yaitu kapasitas dan kecepatan processor yang digunakan. Ada beberapa spesifikasi untuk processor pada sebuah smartphone Android, seperti misalnya quad core, dual core, atau beberapa istilah core yang lainnya. Sama halnya dengan resolusi layar, semakin tinggi kecepatan processor sebuah smartphone, maka akan semakin nyaman ketika digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi, baik aplikasi secara single atau untuk beberapa aplikasi yang dibuka sekaligus.

Aksesoris smartphone

Mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan hal ini. Namun jika sewaktu waktu dibutuhkan, maka akan sangat penting untuk memilih jenis smartphone yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris pendukung, dalam hal ini yang berhubungan dengan hardware, seperti kapasitas RAM, slot memory, resolusi kamera, jumlah port yang tersedia, dan masih banyak lagi aksesoris yang sudah merupakan kebutuhan wajib untuk sebuah smartphone.

OS yang digunakan

Ini merupakan salah satu point penting ketika Anda ingin membeli sebuah smartphone. Meskipun seringkali jenis dan versi sebuah OS, khususnya Android sering berganti dengan munculnya versi terbaru, diharapkan jangan terlalu terpengaruh karena hampir sebagian besar beberapa OS yang digunakan hanya mengalami peningkatan fitur tertentu saja.

Dari beberapa kriteria tersebut diatas, diharapkan Anda tidak bingung lagi dalam memilih jenis smartphone Android yang akan dibeli, demikian juga untuk harga yang ditawarkan harus menjadi salah satu pertimbangan penting yang tidak boleh dilupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.