Langkah-Langkah Mudah Melakukan Backup Kontak di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Backup Kontak pada Android
Cara Mudah Backup Kontak pada Android

Melakukan backup kontak pada Android merupakan hal besar yang wajib Anda ketahui. Jangan sampai Anda kehilangan kontak penting Anda pada ponsel, terutama jika Anda baru saja mengganti ponsel baru. Sebagian orang malah lebih baik kehilangan ponsel dari pada harus kehilangan daftar ribuan kontak yang tersimpan pada ponsel.

Cara Mudah Backup Kontak pada Android
Cara Mudah Backup Kontak pada Android

image source

Namun, membuat cadangan atau membackup kontak pada smartphone Android tentunya lebih mudah ketimbang pada ponsel biasa. Pasalnya smartphone merupakan ponsel pintar yang selalu bisa menjadi andalan untuk memudahkan pekerjaan seseorang. Salah satunya adalah untuk membuat cadangan kontak saat Anda akan beralih pada ponsel baru.

Pada ponsel Android, Anda tidak perlu lagi mentransfer kontak satu per satu. Ada banyak cara untuk mencadangkan kontak Android Anda dengan sangat mudah dan sederhana. Jadi, sekarang tidak perlu ada alasan lagi mengapa Anda harus kehilangan semua kontak Anda pada ponsel pintar lagi. Nah, berikut ini penulis akan berbagi cara bagaimana melakukan backup kontak pada ponsel Android Anda dengan mudah dan cepat.

Langkah-Langkah Mudah Melakukan Backup Kontak di Android

#1 Backup kontak Android Menggunakan Akun Google

Cara pertama ini adalah cara termudah dan paling sederhana untuk memastikan kontak Anda selalu dicadangkan otomatis pada akun Google Anda. Karena Android sendiri merupakan milik Google, jadi layanannya terintegrasi dengan sangat baik dengan sistem operasi seluler populer ini. Salah satu dari banyak manfaat yang dapat Anda nikmati adalah menyimpan kontak Anda ke server Google.

Jika Anda memutuskan untuk memilih cara ini, kontak Anda akan terus disinkronkan secara otomatis ketika Anda sedang melakukan update atau bahkan menyimpana kontak baru melalui akun Google. Dan juga termasuk semua kontak yang ada saat ini, serta yang Anda tambahkan atau hapus kapan saja. Jadi, misalnya ponsel Anda tiba-tiba rusak, tidak bisa berfungsi normal, atau Anda perlu berpindah perangkat, maka cukup memasukkan akun Google Anda. Ini menunjukkan jika Anda mencadangkan kontak ke akun Google secara otomatis, maka Anda akan selalu bisa mengambilnya pada cloud Google kapan pun Anda mau.

1. Pada ponsel Android Anda, buka aplikasi Pengaturan. Pilih opsi Akun. Kemudian cari akun Gmail atau Google Anda.
2. Masuk ke Sinkronisasi akun. Pastikan pilihan Kontak Anda centang.
3. Selanjutnya buka aplikasi Kontak. Kemudian ketuk tombol menu tiga baris. Pilih Pengaturan => Pengaturan sinkronisasi kontak.
4. Pada bagian bawah juga pilih sinkronkan kontak perangkat, pilih Kelola Pengaturan.
5. Aktifkan Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.

#2 Backup kontak Android menggunakan Kartu SD atau Penyimpanan Internal

Sebagian orang masih menyukai penyimpanan lokal ketimbang penyimpanan cloud. Inilah sebabnya mengapa menggunakan penyimpanan internal maupun eksternal untuk mencadangkan kontak Android adalah cara utama untuk menjaga nomor Anda tetap aman dan sehat.

1. Buka aplikasi Kontak Anda. Kemudian masuk pada tombol menu tiga baris dan pilih Pengaturan.
2. Pilih Ekspor (pastikan Anda memilih semua kontak pada perangkat Anda).
3. Pilih tempat Anda ingin file kontak Anda disimpan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih penyimpanan pada kartu SD atau menggunakan penyimpanan internal ponsel.
4. Ikuti petunjuk dan simpan perangkat penyimpanan Anda pada tempat yang aman. Anda juga dapat menyimpannya pada layanan cloud Anda dan menariknya kapan pun Anda butuhkan.

#3 Backup Kontak Android ke kartu SIM

Perangkat Android terbaru membuatnya lebih rumit untuk menyimpan kontak melalui kartu SIM. Aplikasi Kontak resmi Google sekarang hanya mengizinkan impor kontak dari kartu SIM, tetapi tidak untuk proses Ekspor-nya. Demikian juga, Anda tidak dapat lagi menambahkan kontak satu per satu ke kartu SIM Anda dari aplikasi tersebut. Selain itu, kapasitas penyimpanan kontak pada kartu SIM yang cendrung sangat kecil.

Beberapa dari Anda mungkin menggunakan aplikasi Kontak bawaan ponsel, dan ini mungkin masih memungkinkan Anda untuk mentransfer kontak ke kartu SIM Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi Samsung, yang harus Anda lakukan adalah pilih tombol menu tiga baris, masuk pada Kelola kontak, tekan Impor / ekspor kontak, pilih Ekspor, pilih kartu SIM, dan ketuk Ekspor.

#4 Menggunakan Aplikasi Pihak ke-3

Sejumlah besar aplikasi pihak ke-3 memudahkan untuk membuat cadangan kontak Android. Misalnya aplikasi Titanium Backup, Easy Backup, dan juga lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah pada Google Play Store.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.