Lupa Kata Sandi Ponsel Anda? Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya!

  • Bagikan
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi

Lupa kata sandi ponsel merupakan masalah besar dan Anda harus tau cara cepat mengatasinya. Setiap masalah memang sering terjadi dalam kondisi dan keadaan apapun, termasuk lupa kata sandi layar untuk membuka ponsel Anda.

"Cara

image source

Jika demikian, maka Anda tidak akan bisa menggunakan ponsel Anda selagi kata sandi belum Anda buka. Kata sandi merupakan salah satu bentuk pengaman ponsel agar tidak mudah digunakan oleh orang lain. Dengan kata sandi, ponsel akan lebih aman dan terjaga hanya saja bagaimana jika Anda lupa terhadap kata sandi yang telah Anda buat?

Jika bicara tentang kunci keamanan ponsel, ‘kata sandi’ merupakan salah satunya. Beberapa diantaranya seperti pola, PIN, bahkan yang terbaru adalah kunci Biometrik, yang berupa Sidik Jari ataupun Face unlock (Pengenalan Wajah). Mengunci layar ponsel adalah cara penting untuk menjaga kerahasiaan konten atau data perangkat Anda. Pada zaman ketika Anda memiliki informasi pribadi, profesional, dan keuangan dalam sebuah ponsel, mengunci ponsel Anda telah menjadi kebutuhan dan bukan pilihan. Akan tetapi jika Anda lupa kode sandi ponsel Anda, Anda dapat terkunci dari perangkat Anda. Ada risiko lebih besar untuk lupa, berkat pemindai sidik jari pada perangkat modern yang membuat kata sandi sebagai cadangan.

Berikut adalah beberapa cara mudah mengatasi lupa kata sandi jika Anda tidak dapat mengingatnya.

Cara Mudah Mengatasi Lupa Kata Sandi Ponsel

1. Buka Kunci Dengan Smart Lock

Smart Lock adalah fitur Android yang memungkinkan Anda menentukan kondisi tertentu yang mengabaikan keamanan layar kunci Anda. Anda akan menemukannya melalui Pengaturan => Keamanan & lokasi => Smart Lock. Namun pada sebagian besar ponsel, biasanya terletak pada Pengaturan => Layar Kunci => Jenis Smart Lock (ini biasanya terdapat pada perangkat Samsung).

Perlu Anda ingat, untuk menggunakan fitur ini Anda harus mengaturnya terlebih dahulu sebelum Anda lupa kata sandi Anda! Anda harus memasukkan kata sandi kunci Anda saat ini untuk membuat perubahan pada fitur tersebut. Kemudian Anda dapat memilih beberapa opsi yang memungkinkan untuk membuka kunci ponsel cerdas Anda tanpa kata sandi:

  • On-body detection (Deteksi tubuh): Ponsel merasakan bahwa Anda sedang membawanya secara otomatis kunci akan terbuka saat berada pada tangan Anda.
  • Trusted places (Tempat tepercaya): Menggunakan lokasi Anda untuk membuka kunci ponsel saat Anda berada dekat dengan alamat yang telah Anda pilih sebelumnya. Artinya dengan mengunjungi tempat tersebut, maka ponsel akan akan terbuka secara otomatis.
  • Trusted devices (Perangkat tepercaya): Membuat perangkat Anda tidak terkunci saat terhubung ke perangkat Bluetooth tepercaya Anda. Misalnya pelacak kebugaran atau mobil Anda.
  • Trusted face (Wajah tepercaya): Menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel Anda.

Jika Anda telah menyiapkan satu atau beberapa opsi ini sebelum Anda lupa kata sandi, Anda dapat menggunakannya untuk masuk kembali ke ponsel Anda. Namun, Anda tidak dapat mengubah Smart Lock atau pengaturan kata sandi tanpa memasukkan kata sandi Anda saat ini. Dengan demikian, Anda mungkin masih perlu mengatur ulang pabrik, tetapi setidaknya Anda dapat mencadangkan semuanya terlebih dahulu.

2. Opsi Khusus untuk Perangkat Samsung

Punya perangkat Samsung? Perusahaan menawarkan beberapa cara untuk mengatur ulang kode kunci Anda jika Anda lupa.

Menggunakan PIN Cadangan (Hanya Versi Android Lama)

Jika Anda memiliki ponsel Samsung lama yang menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih lama, Anda mungkin telah menyetel PIN cadangan. Setelah salah memasukkan kata sandi atau pola, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketuk opsi PIN Cadangan jika Anda dapat mengingatnya.
2. Ketik kode PIN Anda, lalu ketuk Selesai.
3. Ponsel akan mengarahkan Anda ke pengaturan Buka Kunci Layar untuk mengatur ulang pola layar kunci.

Find My Mobile (Semua Versi Android)

Untuk semua ponselnya, Samsung menawarkan fitur yang memungkinkan Anda mengelola perangkat dari jarak jauh jika hilang. Anda harus masuk ke Akun Samsung melalui ponsel Anda dan harus memiliki koneksi WiFi atau data seluler. Nah, untuk menyetel ulang kode sandi ponsel Anda melalui Find My Mobile adalah:

1. Buka situs resmi findmymobile.samsung.com melalui komputer Anda.
2. Lalu masuk dengan akun Samsung Anda.
3. Buka opsi Buka Kunci Perangkat saya dan ikuti petunjuknya.

3. Gunakan Prompt Lupa PIN (Android 4.4 atau Sebelumnya)

Jika Anda memiliki ponsel lama dengan Android 4.4 KitKat atau versi lebih lama, Anda dapat menyetel ulang kode sandi melalui layar kunci. Ini menggunakan akun Google Anda dan memerlukan langkah-langkah berikut:

1. Masukkan kata sandi yang salah ke layar kunci hingga Anda melihat beberapa upaya yang gagal. Coba lagi dalam 30 detik berikutnya.
2. Ketuk Lupa Pola, dan Anda akan melihat permintaan untuk memasukkan informasi akun Google Anda.
3. Ketikkan alamat email dan kata sandi Anda.
4. Anda sekarang memiliki opsi untuk mengatur ulang pola layar kunci Anda. Cukup ketuk tab Masuk, lalu buka pengaturan Buka Kunci Layar dan atur pola layar kunci baru.

Namun sayangnya, Google menghapus opsi ini pada versi Android 5 dan yang lebih baru hingga saat ini.

4. Lakukan Reset Pabrik Android

Jika tidak ada cara yang berhasil untuk Anda, Anda harus menggunakan reset pabrik. Tentu saja, ini juga menghapus semua data pada ponsel Anda. Jika Anda telah masuk ke akun Google dan mencadangkannya, Anda dapat masuk kembali ke akun yang sama setelah menyetel ulang dan memulihkan banyak data yang sudah Anda cadangkan.

Karena Anda terkunci, Anda harus menggunakan metode lain untuk melakukan reset pabrik. Cara termudah adalah dengan menggunakan situs web Find My Device Google. Selama Anda telah mengaktifkan fitur ini pada ponsel Anda, Anda dapat mengklik opsi Hapus perangkat pada halaman ini untuk mengatur ulang.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.