Apa itu bootloop? bootloop adalah sebuah istilah di android yang menggambarkan keadaan dimana smartphone Android anda tidak mau melakukan proses booting atau yang kerap disebut sebagai start-up

bootloop
bootloop

Hal ini menyebabkan android anda tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya stuck pada awal tampilan saja, bootloop terbagi jadi 3 yaitu Light Bootloop,Medium Bootloop serta Hard Bootloop.

Penyebab dari Bootloop ini sendiri biasanya karena kegagalan sistem di karenakan kesalahan saat memproses rooting atau hal lain seperti menganti font,merubah file system UI dan merubah boot animation.

Jika anda Mengalami seperti hal yang sudah di sebutkan diatas dan hanya berhenti di logo merk ponsel berarti dapat disimpulkan bahwa smartphone anda mengalami bootloop.

Jika anda mengalami hal ini anda jangan terlalu panik menghadapinya anda hanya perlu melakukan beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Android Yang Bootloop :

  • Hard Bootloop
    Jika anda mengalami masalah ini yang tergolong paling parah dimana anda tidak dapat masuk kedalam menu smartphone dan hanya stuck di Logo dan merestat sendiri berkali-kali cara mengatasinya dengan melakukan Factory Reset namun jika masih ragu bawalah smartphone anda ke counter.

 

  • Medium Bootloop
    Pada Medium Bootloop memang hal ini sering terjadi karena anda mencoba masuk kedalam system recovery dan menginstal script yang tidak jelas untuk mengatasinya sebelum anda masuk ke system recovery mode anda harus membackup data agar nanti dapat di restore ketika mengalami masalah.

 

  • Light Bootloop
    Untuk masalah light bootloop yang biasanya terjadi karena anda mengutak-atik sistem utama dan tidak memakai recovery mode sehingga mengakibatkan blank screen. cara menghadapinya cukup mudah anda hanya tinggal merestart smartphone anda dan jika masih ada keanehan anda cabut baterainya dan pasang lagi lalu menghidupkannya.

Bagaimana? caranya tidak sulit bukan? jadi jangan lewatkan tips lainnya di pandu droid indonesia 😀 sampai juma di post lainnya 😀

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *