Mediatek Memperkenalkan Helio P20 SoC di MWC 2016

Prosesor memang secara fisik merupakan komponen kecil dalam sebuah alat elektronik, namun siapa yang dapat menyangkal jika, chip kecil ini menjadi tumpuan utama kinerja sebuah alat elektronik khususnya smartphone.

Mediatek Helio P20 SoC
Mediatek Helio P20 SoC

Jika selama ini Qualcomm Snapdragon 820 menjadi titik perhatian 820 menjadi titik perhatian dari para produsen dan pengamat smartphone. Maka kali ini Mediatekpun tak mau ketinggalan, dengan memperkenalkan sebuah prosesor baru yang mereka namai sebagai Helio P20 SoC.

Mungkin sebelumnya kita telah mengenal Helio P10, dan ini – Helio P20 SoC merupakan versi update dari seri sebelumnya. Pihak Mediatek sendiri berjanji untuk meningkatkan kinerja Helio P20 SoC ini sembari menekan penggunaan daya hingga 25%, mungkinkah?. Sangat mungkin, karena ha tersebut akan dicapai melalui penggunaan octa-core ARM Cortex A53 yang didukung dengan speed hingga 2.3GHz.

Sementara itu untuk dukungan grafis tinggi, GPU Mali T80 akan mendukung prosesor ini. Grafis ini merupakan GPU terkuat yang berjalan diatas kecepatan 900 MHz. Dan kesemuanya itu akan dipadu dengan RAM LPDDR 4x yang notabene merupakan Random Access MEmory pertama saat ini.

Spesifikasi lain dari P20 Helio termasuk dukungan untuk hingga dua display FullHD, bekerja pada 60 fps. dukungan ISP juga mengesankan, mampu menangani maksimum satu shooter 24Mp, atau 13MP plus 13MP ganda setup dan rekaman video hingga 4Kx2K resolusi di 30fps. Konektivitas ditutupi oleh Cat.6 LTE dan agregasi 2×20 operator sampai dengan 300 Mbps down / 50Mbps up kecepatan data dan SIM-Ganda ditambah Dual Standby dukungan. Ada juga Wi-Fi ac, GPS / Glonass / Beidou, Bluetooth dan radio FM.

Penggunakan RAM LDDR 4x akan memastikan peningkatan diperkirakan 70% bandwidth dan konsumsi daya 50% lebih sedikit lebih LPDDR3, dicapai sebagian dengan menurunkan tegangan operasi untuk 0.6V.  sebagaimana yang dijelas Jeffrey Ju, Executive Vice President dan Co-Chief Operating Officer di MediaTek : “MediaTek merancang MediaTek Helio P20 untuk memenuhi permintaan konsumen saat ini untuk perangkat mobile ramping dan kuat namun sangat hemat listrik … Konsumen tempat pentingnya peningkatan pada daya tahan baterai dan kemampuan multimedia smartphone mereka. MediaTek telah meningkat menjadi tantangan ini dengan menghadirkan chip terkemuka”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *