Mempercepat booting smartphone android dengan ES Task Manager

Pernahkan anda mengalami hal yang paling menjemukan, saat harus menunggu beberapa detik atau bahkan hitungan menit hanya untuk melihat halaman home screen saat anda baru menyalakan smartphone android milik anda. Hal tersebut bisa saja terjadi pada siapaun yang memiliki smartphone android, anda, saya dan yang lainnya juga bisa merasakan hal yang sama. Mengapa bisa loading saat booting begitu berbeda dari biasanya, atau saat anda baru membelinya.

ES Task Manager, Startup
Mempercepat Booting dengan ES Task Manager

Booting yang lama tak lepas dari berapa banyak aplikasi yang jalan saat perangkat anda baru dinyalakan atau dikenal dengan istilah StartUp. Jadi semakin banyak aplikasi yang jalan sebagai StartUp, semakin berat lama pula perangkat anda saat booting untuk masuk ke home screen. Tapi jangan khawatir karena anda dapat dengan mudah mengatasi hal tersebut, artinya anda harus mematikan fungsi StartUp untuk beberapa aplikasi. Untuk dapat melakukan hal ini anda anda membutuhkan aplikasi tambahan, karena secara default tidak ada pengaturan di android yang dapat mendisable aplikasi yang jalan sebagai StartUp.

Aplikasi alternatif yang bisa anda gunakan untuk memanajemen StartUp adalah ES Task Manager. Berikut cara mendisable aplikasi – aplikasi yang jalan saat perangkat android anda melakukan booting (Start Up) :

  1. Jika anda belum memiliki aplikasi ini, silahkan download disini.
  2. Jalankan aplikasi ES Task Manager di smartphone anda.
  3. Tekan icon menu di ojok kiri atas.
  4. Sentuh menu “Startup Manager”
  5. Dilayar akan tampil semua aplikasi yang jalan sebagai StartUp, tekan tombol icon silang di samping kanan nama aplikasi yang anda inginkan, atau anda dapat menekan tombol “Optimize” di bawah layar untuk mendisable StartUp aplikasi sesuai dengan secara otomatis.
  6. Selesai

Sekarang anda dapat mengecek apakah perangkat anda kembali kepada performa awal saat booting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.