Menarik! Begini Cara Mudah Mengetahui Smartphone Kamu Memiliki Dukungan RCS

Apakah kamu pernah mendengar tentang RCS? RCS sendiri merupakan kepanjangan dari Rich Communication Service. Sistem ini merupakan peningkatan yang besar yang dihadirkan untuk Google SMS, yang merupakan standar lama untuk aplikasi perpesanan teks. Akan tetapi tidak semua smartphone Android memiliki dukungan RCS ini.

Lantas bagaimana cara kamu mengetahui apakah smartphone yang kamu miliki mendapat dukungan RCS agar bisa menikmatinya? Nah, disini pandudroid akan memberikan cara bagaimana kamu mengecek smartphone yang kamu gunakan, apakah mendukung RCS atau tidak.

Cara Mengetahui Smartphone Mendukung RCS
Cara Mengetahui Smartphone Mendukung RCS

Singkatnya, RCS adalah masa depan pesan teks. Ini menghadirkan banyak fitur yang mungkin pernah Anda gunakan di aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp. Beberapa fitur yang dihadirkan adalah tanda terima telah dibaca, indikator mengetik, dan mengirim gambar dengan kualitas tinggi.

Peluncuran RCS ke smartphone sebenarnya sudah lama oleh Google. Sebagai permulaan, iPhone sama sekali tidak mendukung RCS. Sebaliknya, Apple menggunakan standar iMessage-nya sendiri. Sebelumnya Google telah menghentikan peluncuran ke perangkat Android, tetapi Google sekarang ini sedang bekerja untuk memperbaikinya.

Cara Mudah Mengetahui Smartphone Kamu Memiliki Dukungan RCS

Jadi, untuk mendapatkan RCS, kamu perlu menggunakan perangkat Android. Selain itu, Anda harus menyetel aplikasi Google Messages sebagai aplikasi SMS default Anda. Aplikasi perpesanan teks pihak ketiga tidak dapat memanfaatkan RCS.

Untuk melihat apakah perangkat Android Anda memiliki dukungan RCS. Pertama, buka aplikasi Google Messages dan ketuk ikon menu tiga titik yang ditemukan di sudut kanan atas.

Kemudian pilih “Pengaturan” dari menu drop-down.

Pilih Fitur Obrolan
Pilih Fitur Obrolan

Jika Anda melihat bagian berjudul “Fitur Obrolan” di bagian atas menu Pengaturan, Anda memiliki RCS. “Obrolan” adalah istilah yang digunakan Google untuk fitur RCS.

Pilih Fitur Obrolan
Pilih Fitur Obrolan

Dalam pengaturan “Fitur Obrolan”, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur RCS atau menonaktifkannya sepenuhnya.

Menu Fitur Obrolan pada Google Messages
Menu Fitur Obrolan pada Google Messages

Hanya itu saja. Jika perangkat Anda belum memiliki dukungan RCS, Anda mungkin akan melihat pesan pop-up di aplikasi Message tempat Anda dapat mengaktifkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.