Mengantisipasi Jika Perangkat Android Anda Hilang

Data adalah segalanya dalam dunia kerja. Dahulu jika kita bicara  tentang data, pasti tertuju pada komputer. Seiring perjalanan waktu kini  bergeser dan berbagi dengan smartphone. Menyimpan data ini tidak hanya di komputer atau laptop saja, tapi kini smartphone menjadi alternatif lain untuk menyimpan data, karena memang media penyimpanan di smartphone lumayan besar untuk melakukan itu. Beberapa smartphone memiliki daya tampung internal 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Belum lagi jika ditambah SD Card atau memory eksternal.

Google Setting, Reset Factory
Google Setting

Tetapi menyimpan data – data penting di smartphone ada enaknya ada tidak enaknya. Enaknya, kapan saja dan dimana saja kita perlukan semuanya tersedia, atau kapan saja dan dimana saja perusahaan butuh kita bisa mengirimkan tidak ribet, tidak perlu nunggu loading seperti laptop atau tidak perlu mencari koneksi wifi atau membawa modem, itulah praktisnya smartphone. Namun kehilangan entah jatuh atau kecopetan merupakan resiko yang bisa saja dan gampang

terjadi.

Dan untuk itulah kami ingin berbagi dengan anda bagaimana mengamankan data seaman – amannya. Pertama yang perlu kita lakukan adalah memberikan password baik, PIN ataupun Pola tertentu sehingga aman dari langkah awal ketika orang mencoba membuka dan masuk. Kedua, mengaktifkan fitur remote atau kendali jarak jauh, sehingga nantinya mungkin bagi kita untuk melakukan “Reset factory” dari mana saja kita berada.  Caranya cukup mudah, masuk ke menu Google Setting / Setelan Google , pilih menu Android Device Manager (Pengelola Perangkat Android), selanjutnya centang pada menu “Remotely locate this device (Menemukan lokasi perangkat)” dan menu  “Allow remote lock and factory reset (Izinkan kembali ke setelan pabrik dari jauh)”, Saat muncul jendela konfirmasi tekan tombol “Aktifkan” . Done!

Selesai dua pengatur tadi memungkin kan anda untuk mengetahui lokasi perangkat anda saat ini dan juga memungkin anda untuk mereset perangkat anda ke setelan awal (Reset Factory).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.