Mengatasi WiFi yang tidak Bisa Connect Pada Samsung Galaxy E5

Menggunakan handphone Android tanpa menyambungkannya pada internet sama halnya memasak sayur tanpa garam, tidak akan ada rasanya. Jadi internet merupakan satu hal yang harus ada pada handphone Android, internet bisa didapatkan dengan berlangganan paket kuota data internet namun untuk berlangganan data membutuhkan pulsa yang tidak sedikit, untuk itu cara lain untuk bisa mendapatkan koneksi yaitu dengan menyambungkan Android pada Wifi yang ada didaerah sekitar. Karena dengan menggunakan Wifi kalian dapat menghemat kuota paket data untuk digunakan pada waktu-waktu tertentu saja.

Samsung Galaxy E5
Samsung Galaxy E5

Memiliki paket data internet memang lebih menguntungkan karena dapat digunakan dimanapun dan kapanpun kita berada hanya saja dalam menggunakannya tidak seleluasa ketika mengoneksikan Android pada Wifi, ketika menggunakan paket data akan ada rasa khawatir akan banyaknya data yang terpakai karena itu harus irit Kuota Intenet di Android. Untuk itu Wifi menjadi alternatif lain untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih leluasa dalam menggunakannya. Tapi terkadang ketika menggunakan Wifi muncul masalah Android tidak konek pada Wifi.

Karena opsi WiFi pada handphone Android selalu default dalam keadaan mati alias hanya menyalakan wifi ketika dibutuhkan, maka ada saat-saat dimana anda akan mengaktifkan wifi. Nah, pada saat itu anda mengalami Wifi tidak bisa UP atau gak bisa nyala. Selama ini jika terjadi seperti itu biasanya hanya dengan melakukan restart handphone untuk mengatasi masalah ini sudah bisa di atasi.

Namun jika dengan cara tersebut tidak bisa ngatasi, sudah dipastikan ada permasalah serius yang perlu di atasi dengan cara yang serius juga. Agar bisa melakukan deteksi terhadap masalah yang terjadi pada android anda, maka lakukan hal-hal berikut:

Cek Driver Wifi pada Android anda

Jika ternyata masalahnya pada driver wifi yang gak ke-load tuhh.. maka cara inilahncara termudah, terbaik, dan teraman. Karena efek efisiensi pada manajemen multitasking android, driver modul wifi/bluetooth etc di unload dari OS. Dan ketika modul itu dipanggil lagi karena dibutuhkan oleh user, gagal dan tidak bisa konek. Maka coba lakukan dial ke salah satu secret code HP Samsung untuk troubleshooting WiFi yaitu *#*#526#*#*

  1. Lakukan dial ke *#*#526#*#*
  2. Tunggu hingga loading driver wifi successful. Selamat, seharusnya WiFi tidak error lagi
  3. Tetapi ada kalanya driver loading berjalan tidak mulus. Lakukan langkah lanjutan seperti dibawah ini:
  4. Lakukan kembali dial ke *#*#526#*#*, karena test berjalan otomatis biarkan saja testnya berjalan dulu
  5. Pencet tombol options di handphone dan pilih Rx test
  6. Pada isian channel, pilih channel > 9
  7. Klik tombol Start dan setelah beberapa lama klik Stop dan Exit dari cara ini
  8. Setelah beberapa lama, nyalakan kembali WiFi. WiFi seharusnya sudah tidak bermasalah lagi

Jika ternyata WiFi masih error, tidak ada lagi yang bisa dilakukan kecuali turn off handphone dan menyalakannya kembali (restart handphone). Untuk yang satu ini sudah pasti berhasil bisa mengatasi isu WiFi error ini.

Jika semua cara di atas sudah tidak mampu membuat Wifi anda hidup, maka langkah selanjutnya, dengan melakukan Factory Reset, mengembalikan settingan HP anda ke Setting Default, dikhawatirkan ada beberapa System yang sedang Crash sehingga tidak bisa Load terhadap driver Wifi android anda.

Cara Factory Reset akan kami ulas pada lain kesempatan, semoga cara ini mampu mengatasi masalah Wifi pada HP anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *