Mengungkap Kirin 980, Chipset Besutan Huawei dengan Performa Super Cepat

Setelah tahun lalu Huawei sukses merilis Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. Pada tahun ini Huawei disebut-sebut akan merilis Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro. Seperti juga pendahulunya, Huawei pun bisa dipastikan akan memuat otak yang berkelas ke dalam Mate 20 dan Mate 20 Pro. Pertanyaannya, chipset apakah yang nantinya akan dimuat?

Kirin 980
Kirin 980

Sumber yang dekat dengan Huawei menyebutkan bahwa produsen smartphone asal Cina tersebut yang kini menduduki posisi ketiga di pasar global sedang menggarap Kirin 980. Jadi sangat dimungkinkan, Mate 20 dan Mate 20 Pro akan dibekali chipset tersebut.

Kini muncul bocoran mengenai spesifikasi Kirin 980 di berbagai media. Kabarnya kecepatan clock maksimum chipset Kirin 980 adalah 2,8 GHz untuk top four Cortex-A77 cores. Hadir pula Cortex A55 dengan 4 core.

Kirin 980 akan dibangun pada proses FinFET 7nm oleh TSMC. Rumor sebelumnya mengatakan bahwa teknologi chip AI dari Cambricorn akan dibenamkan di chipset Kirin 980. Diharapkan NPU lebih halus dan membawa hingga 5 triliun per watt.

Dikabarkan juga sebelumnya bahwa HiSilicon, anak perusahaan Huawei yang merancang GPU pada chipset ini. Kinerja GPU Kirin 980 diklaim 1,5 kali lebih cepat daripada GPU Adreno 630 yang disandingkan dengan Snapdragon 845 milik Qualcomm.

Sama seperti Kirin 970 yang datang dengan unit NPU (Neural Processing Unit) khusus, Chipset Kirin 980 yang tiba sebagai penerusnya juga akan dilengkapi dengan unit NPU generasi kedua untuk meningkatkan kinerja kecerdasan buatan (AI).

Selain itu, smartphone yang akan didukung oleh prosesor baru ini juga akan dilengkapi oleh teknologi percepatan grafis GPU Turbo.

Lantas, siapa lawan sepadan dari Kirin 980 ini? Jawabannya sudah jelas, yakni Snapdragon 855 yang saat ini sedang digarap oleh Qualcomm. Ada juga A12 yang bakal dirancang oleh Apple. Diperkirakan, semua SoC tersebut baru akan muncul sebelum akhir tahun ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.