MIUI 8 Dengan Fitur Baru Akan Dirilis Bulan Juli

Jika Kemarin Xiaomi Meresmikan Mi Max 2, di saat itu juga mereka mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan update baru dari MIUI 8 tidak lama lagi

MIUI 8
MIUI 8

Update itu nantinya akan dihadir dengan deretan fitur yang sudah lama di tunggu oleh Pengguna smartphone Xiaomi salah satunya fitur Split-screen.

Seperti yang Anda ketahui, kemampuan split-screen ini sudah hadir di produk smartphone Samsung sejak lama, juga di berbagai produk Android yang menjalankan Android 7.0 Nougat.

Xiaomi menjelaskan bahwa mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyertakan kemampuan tersebut ke dalam MIUI karena tim mereka awalnya menganggapnya sebagai sebuah fitur kontroversial dan tidak terlalu signigikan.

Xiaomi menyadari kalau jumlah pengguna MIUI yang mendambakan fitur ini sangat besar, dan mempelajari bahwa mayoritas pengguna memakainya untuk keperluan multitasking dimana mereka tetap bisa menonton video sambil menjalankan aplikasi lain secara bersamaan.

Dukungan untuk menjalankan kemampuan ini susah dihadirkan di MIUI, karena dukungan dari para pengembang aplikasi pihak ke-3 tidak ada, dan pemakaiannya terbilang susah sementara para pengembang ingin agar MIUI tetap sederhana dan mudah digunakan.

Xiaomi mengatakan kalau MIUI sangat berbeda ketimbang mayoritas Android UI pada umumnya, dan kemampuan split-screen tersebut bakal cuma memiliki dukungan untuk sedikit aplikasi populer, seperti WeChat, Skype, Tencent video, Youku, dan lain-lain. Xiaomi berjanji bahwa ke depannya dukungan untuk aplikasi populer lain bakal hadir, sayangnya tanpa memberikan kejelasan tentang jadwal kehadirannya.

MIUI nantinya bakal menggunakan pendekatan berbeda dalam menjalankan kemampuan split-screen, dan optimalisasi fungsi tersebut tak cuma menguntungkan penggunaan layar berukuran besar, tapi juga framework Android N demi mengurangi kesulitan untuk melakukan adaptasi pada aplikasi pihak ke-3. Untuk menjalankan fitur ini di Mi Max 2, pengguna bisa mengaksesnya via tab ‘Recent Tasks.’

Penasaran dengan fiturnya? update ini nantinya akan dirilisĀ  via update MIUI 8.2.3 atau 8.3.1 yang rilis bulan Juli, sampai saat ini belum jelas apakah fitur ini dapat di jalankan di seluruh smartphone yang memakai MIUI 8, atau mungkin saja Xiaomi akan merilisnya di beberapa smartphone yang memiliki hardware memadai saja.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *