OnePlus Dan OPPO Merger, Ada Apa Ya?

OnePlus dan OPPO mereger. Keduanya sama-sama produsen smartphone asal Tiongkok. Namun tidak banyak orang yang tahu tentang smartphone OnePlus ini. Jika saya datang ke toko-toko penjual smartphone yang akan banyak terlihat adalah smartphone dengan merek Oppo, Xiaomi, Vivo, Samsung, dan beberapa lain. Mungkin beberapa yang menjual smartphone Huawei dan iPhone. Dan ketika mencoba bertanya tentang OnePlus banyak dari salesnya menggelengkan kepala. Mereka akan jawab tidak tahu dan tak jarang ada yang justru bertanya, merek baru ya… hehehe….

Oneplus Nord N10 5G
Oneplus Nord N10 5G

image source

Namun OnePlus dikenal sebagai brand “FLAGSHIP KILLER”. Karena memang setahu saya OnePlus belum pernah meluncurkan smartphne kelas LOW-END ataupun MID-END. Smartphone OnePlus semuanya kelas HIGH-END atau bahkan kelas FLAGSHIP. Mungkin inilah yang membuat OnePlus tidak seramai merek-merek lain di negeri ini.

Penjualan tahunan Oneplus berada pada kisaran 5 juta unit. Sedangkan Oppo menjual lebih dari 100 juta unit smartphone, sebuah angka yang fantastis, 20 kali lebih banyak dari OnePlus. Dan 1 tahun terakhir ini Oppo telah menjajaki merger bagian Reseach And Development (R&D) guna mendongkrak penjualan.

Manfaat lain dari kolaborasi ini adalah inovasi kamera. OnePlus memanfaatkan kecanggihan fitur-fitur kamera OPPO. Karena mereka terus berinovasi dan menghasilkan smartphone dengan fitur-fitur kamera kekinian. Hal ini disampaikan salah satu pendiri OnePlus Pete Lau.

Salah satu hasil dari merger tersebut adalah dengan hadirnya Nord N10 dan N100. N100 pada dasarnya adalah OPPO A53 dengan label OnePlus. Dan N10 5G menggunakan banyak bagian yang sama tetapi memiliki chipset Snapdragon 690 berkemampuan 5G.

Selain smartphone, OnePlus juga meluncurkan OnePlus Band. Ini merupakan produk band pertama OnePlus. Namun produk ini tidak lain adalah hasil dari reband dari produk OPPO. Hal ini tampak dari interface yang sama persis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.