Panduan Cara Mudah Membuat Google Classroom di Android

Ditengah masa pandemi Covid-19 ini, banyak platform daring yang digunakan guna untuk memberikan materi pembelajaran di sekolah. Salah satunya adalah aplikasi milik Google ini, yaitu Google Classroom. Google Classroom merupakan layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah. Hal ini juga bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

Google Classroom ini tidak hanya tersedia melalui situs web saja, tetapi juga dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan dalam satu genggaman saja, yaitu pada smartphone, tablet, iPhone, dan iPad. Bahkan, dalam situasi pandemi ini, aplikasi Google Classroom menjadi aplikasi gratis terpopuler di Google Play Store dan Apple App Store yang dapat membantu meringankan beban mengajar guru kepada pada siswanya.

Cara Membuat Google Classroom
Cara Membuat Google Classroom – image source

Nah, pada tulisan ini kami akan sedikit memberikan cara bagaimana menggunakan Google Classroom di Android dengan mudah dan simple. Langsung saja kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Panduan Cara Mudah Menggunakan Google Classroom di Android

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Gmail yang aktif di Android

2. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Google Classroom di Playstore.

Download Google Classroom di Playstore
Download Google Classroom di Playstore

3. Selanjutnya, kamu akan diminta memilih akun Google yang akan digunakan untuk mengakses Google Classroom. pilih email atau akun Google yang ingin kamu gunakan.

4. Setelah kamu buka aplikasinya, klik icon “+” pada pojok bagian atas. Jika kamu seorang Guru, silahkan pilih Buat Kelas. Akan tetapi jika sebagai siswa, silahkan pilih Gabung ke kelas.

5. Silahkan coba Buat Kelas terlebih dahulu. Maka kamu akan diperintahkan untuk mengisi beberapa hal yang dibutuhkan. Mulai dari Nama Kelas, Bagian, Ruang, dan Mata Pelajaran.

Pilih Buat Kelas
Pilih Buat Kelas
Isian Form Buat Kelas
Isian Form Buat Kelas

6. Jika kelas sudah kamu buat, sekarang kamu tinggal mengundang siswa yang ingin belajar dalam kelas. Atau kamu bisa memberikan kode kelas, sehingga Siswa bisa langsung bergabung dalam kelas tersebut dengan cara memasukkan kode yang sudah kamu berikan.

Kode Kelas di Classroom
Kode Kelas di Classroom
Undang Siswa Masuk Kelas
Undang Siswa Masuk Kelas

7. Nah, selanjutnya kamu bisa membuat tugas, masuk ke bagian Classwork atau Tugas Kelas dan klik “+“. Kamu dapat memberikan tugas dalam bentuk foto, dokumen, PDF, atau tulisan langsung di Google Classroom.

Memberikan Tugas Kepada Siswa
Memberikan Tugas Kepada Siswa

Bagi siswa bisa juga mengerjakannya di luar Google Classroom, baru kemudian diunggah file-nya kembali dengan cara di foto melalui kamera smartphone kamu. Semoga bermanfaat untuk anda.

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.