Panduan Mudah Cara Menggunakan Google Duo di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Google Duo
Cara Mudah Menggunakan Google Duo

Google Duo merupakan salah satu aplikasi video telekonferensi milik Google. Sama seperti aplikasi WhatsApp, Google Duo juga bisa melakukan panggilan lebih dari dua orang. Artinya aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan video telekonferensi antar keluarga, kerabat dan juga teman-teman Anda.

Cara Mudah Menggunakan Google Duo
Cara Mudah Menggunakan Google Duo

image source

Baik untuk urusan pekerjaan atau untuk hanya bisa saling berhubungan dengan keluarga, aplikasi obrolan video sekarang sedang menggila. Terutama pada dunia isolasi diri, penguncian, dan bekerja dari jarak jauh. Google Duo adalah salah satu aplikasi obrolan video paling populer, dengan banyak fitur menarik yang membuatnya menonjol dari yang lain. Namun hal ini masih belum banyak yang tau sehingga masih jarang orang untuk menggunakannya.

Jika Anda belum menggunakan Duo atau belum memahami semua fitur-fitur di dalamnya, berikut ini beberapa yang perlu Anda ketahui tentang cara menggunakan Google Duo!

Apa itu Google Duo?

Google Duo adalah aplikasi obrolan video yang sangat sederhana dan tersedia pada beberapa platform, baik Android, iOS, dan bahkan aplikasi web namun dengan kemampuan terbatas. Aplikasi ini bersifat gratis untuk Anda gunakan, hadir dengan enkripsi end-to-end, dan secara mengejutkan memiliki fitur-fitur menarik mengingat betapa sederhananya tampilannya pada saat Anda membukanya.

Selain dari sekadar video atau panggilan suara seseorang, Duo memungkinkan Anda juga merekam pesan audio dan video jika seseorang tidak menjawab. Anda bahkan dapat merapikan pesan-pesan video ini dengan filter dan efek. Anda juga dapat menikmati panggilan konferensi dengan maksimal delapan orang.

Fitur menarik lainnya disebut Knock Knock. Perlu Anda ingat bahwa Duo juga ada pada perangkat seperti Google Nest Hub dan Google Nest Hub Max.

Begini Cara Menginstal dan Mengatur Google Duo

Anda harus menginstal aplikasi terlebih dahulu sebelum dapat mulai menggunakannya. Yang Anda perlukan hanyalah nomor telepon aktif untuk mendaftarnya sehingga Anda dapat menerima kode verifikasi. Selain itu, Anda juga perlu untuk menautkan Duo ke akun Google Anda, terutama jika Anda ingin menggunakannya pada perangkat Android atau Google lain. Namun, hal ini hanya opsional saja.

1. Download aplikasinya pada smartphone atau tablet Anda. Anda bisa mendownloadnya melalui Google Play Store ataupun Apple Store.
2. Buka aplikasi tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, kemudian Anda akan menerima kode verifikasi melalui pesan teks.
3. Setelah nomor telepon terverifikasi, Anda sudah bisa untuk mulai melakukan video call dengan orang-orang yang terhubung dengan Anda. Tak hanya itu, aplikasi ini secara otomatis mengisi bagian kontak dengan menggunakan daftar telepon Anda.

Biasanya Anda juga akan diminta untuk menautkan akun Google Anda pada tahap ini. Jika Anda melakukannya, kontak pada buku alamat Google Anda juga dapat menghubungi Anda menggunakan Duo.

Cara Melakukan Panggilan Video dan Audio Pada Google Duo

Saat Anda membuka aplikasi Google Duo, kamera depan akan langsung aktif. Ini akan terkesan mengejutkan, karena sebagian besar aplikasi obrolan video lainnya perlu terlebih mengaktifkan kamera bahkan terkadang meminta izin terlebih dahulu untuk mengakses kamera.

Layar aplikasi nantinya akan terbagi menjadi dua bagian. Sebagian besar menunjukkan kamera Anda. Dan bagian bawah adalah bagian kecil yang menampilkan kontak terbaru, serta tombol untuk membuat atau mengelompokkan atau mengundang pengguna yang tidak memiliki aplikasi tersebut.

1. Geser ke atas dari bawah untuk membuka daftar kontak lengkap.
2. Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian pada bagian atas untuk menemukan orang yang Anda cari.
3. Ketuk nama seseorang. Anda akan melihat opsi untuk memulai panggilan suara atau video, atau merekam video atau pesan audio.
4. Jika Anda menelepon seseorang dan mereka tidak menjawab, Anda akan diberi opsi untuk merekam pesan audio atau video.
5. Untuk panggilan grup, ketuk tombol “buat grup” pada layar aplikasi utama. Kemudian Anda dapat menambahkan hingga delapan kontak ke obrolan grup atau panggilan secara bersamaan.

Hanya saja beberapa pengaturan yang tersedia selama panggilan video berlangsung. Anda dapat membisukan diri Anda sendiri atau beralih ke kamera belakang. Mengetuk tiga titik vertikal akan membuka opsi tambahan seperti mode Potret dan Cahaya redup. Fitur ini sangat berguna jika pencahayaan Anda tidak bagus, dan menghasilkan video yang cukup terang dan jelas.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.