POCO X3 Pro dan POCO F3 Debut dengan Snapdragon 860 dan 870

Akhirnya Poco X3 Pro dan Poco F3 debut dengan menghadirkan Snapdragon 800 Series. Hal ini tentunya untuk memberikan kinerja yang lebih baik dan ngebut dari pada versi standarnya.

Sebelumnya Poco X3 NFC hadir pada bulan September 2020 lalu dengan membawa Snapdragon 732G 8nm. Perangkat tersebut mengemas layar Infinity O Display dengan pengaturan desain kamera belakang yang sama dengan versi ‘Pro’. Bentuknya seperti lingkaran, bagian dalamnya terdapat 4 lensa kamera sebagai penembaknya.

POCO F3 Mulai Debut
POCO F3 Mulai Debut

image source

Pada tahun 2021, Poco terus berlanjut dengan menghadirkan penerus dari X3. Seperti yang kita nantikan, hari ini secara resmi Poco X3 Pro mulai debutnya dengan menyematkan chipset Snapdragon 860. Selain itu, Poco juga meluncurkan perangkat andalan terbarunya, yakni Poco F3.

Spesifikasi Poco X3 Pro

Poco X3 Pro Resmi Meluncur
Poco X3 Pro Resmi Meluncur

image source

Poco X3 Pro menghadirkan desain kamera dan LED berbaris dalam formasi X. Perbedaan terbesar adalah pada chipsetnya. SoC 860 diklaim sebagai versi yang sedikit lebih baik dari Snapdragon 855+ 7nm dengan CPU octa-core yang sama dan GPU Adreno 640.

Perangkat ini mengemas layar LCD 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Pada bagian tengah atas perangkat terdapat lubang tunggal sebagai tempat kamera 20 MP f/2.2 sebagai kamera selfienya. Layarnya tersebut mendukung kecepatan refresh rate 120Hz dan kecepatan sampling sentuh mencapai 240Hz.

Masuk pada pengaturan kamera Poco X3 Pro ternyata tidak begitu mengesankan layaknya Poco X3. Xiaomi melengkapinya dengan kamera utama 48MP dengan sensor 1/2 “dan lensa f/1.8. Sementara lensa lainnya terdapat lensa ultra lebar 8MP dengan FoV 119 derajat. Ada juga dua lensa dengan resolusi 2 MP untuk bidikan makro dan sensor kedalaman.

Poco X3 Pro memiliki daya baterai 5.160 mAh dengan pengisi cepat 33W, sama dengan versi X3 NFC. Namun berbeda dengan non-NFC yang memiliki kapasitas 6.000mAh. Bagian belakangnya ada pipa panas tembaga yang diperbesar dan beberapa lapisan grafit untuk menghilangkan panas secara efisien. Dan Poco menyebut ini sebagai LiquidCool Technology 1.0 Plus.

Poco X3 Pro akan menerapkan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 11. Ponsel ini akan tersedia dalam tiga varian warna, diantaranya Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze.

Mengenai harganya, varian RAM 6GB dan penyimpanan 128GB akan dijual dengan harga Rp4,2 juta, sedangkan varian 8/256 GB adalah Rp5,1 juta. Sedangkan untuk masa pre-order akan mendapatkan harga lebih murah Rp800 ribuan antara tanggal 24 Maret dan 1 April.

Spesifikasi Poco F3

POCO F3 Mulai Debut
POCO F3 Mulai Debut

Poco seri F sebenarnya bukanlah perangkat baru. Ponsel ini hampir memiliki kesamaan dengan Redmi K40 yang memiliki dua lubang kamera besar pada bagian belakang sebagai kamera utamanya dengan resolusi 48MP dan kamera ultrawide 8MP. Bagian depannya juga sama, terdapat layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD + dan kecepatan refresh 120Hz.

Poco F3 hadir dengan chipset Snapdragon 870 dengan suplai daya baterai 4.520 mAh dan pengisian cepat 33W. Inti utama CPU ini memiliki clock speed hingga 3,2 GHz, dan juga RAM LPDDR5 terbaru dan penyimpanan UFS 3.1.

Ponsel ini juga memiliki motor getaran sumbu X dan speaker ganda yang bisa Anda setel sebagai Dolby Atmos. Pada bagian bawah perangkat, terdapat kisi-kisi lubang suara dan ada juga susunan tiga mikrofon yang secara teori dapat menangkap suara surround 360 derajat. Selain itu, dengan perangkat ini Anda dapat merekam video, dengan audio yang bisa Anda perbesar ketika fokus dalam satu objek.

Poco F3 akan hadir dengan susunan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB atau RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Ada tiga pilihan warna, mulai dari Arctic White, Night Black, dan Deep Ocean Blue dengan logo Poco besar pada bagian belakangnya. Harganya mulai Rp5,9 juta hingga Rp6,8 juta, tergantung pada opsi memori yang pengguna pilih.

Sama seperti Poco X3 Pro, dalam masa pre-order juga akan mendapatkan diskon hingga Rp800 ribuan jika Anda membeli dari channel tertentu mulai dari 27 Maret hingga 6 April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *