Populasi Aplikasi Malware di Google Play Store Melebihi 400 aplikasi

Google memang sering kecolongan dengan aplikasi malware namun dengan berjalannya waktu, Play Store pun lebih baik dalam menangani hal ini

Google Play Store
Google Play Store

Walaupun aplikasi yang berhasil lolos membayang-bayangi App Store namun menurut sebuah sumber ada 400 aplikasi berbahaya di Google Playstore.TrendLabs hanya mencari aplikasi yang sangat spesifik terinfeksi dengan sesuatu yang mereka sebut sebagai dresscode malware. Seperti namanya, ini tampaknya adalah aplikasi yang berbahaya yang entah menyembunyikan kode malware atau menyembunyikan kode yang mendownload kode malware. Setelah diinstal, aplikasi ini bisa memata-matai aktivitas dan mengirim data dari jaringan yang diproteksi. Lebih spesifik, TrendLabs menunjuk aplikasi berbahaya yang menyamar sebagai Grand Theft Auto V mod for Minecraft: Pocket Edition.

Aplikasi ini telah didownload hingga 500 ribu kali dari Google Play Store. Setelah diinstal, software mobile terhubung ke server yang dikendalikan oleh developer licik dan bisa menimbulkan berbagai masalah untuk perangkat pengguna. Selain berbagi data dari perangkat dan jaringan yang terkoneksi, aplikasi juga bisa mengubah ponsel menjadi entry point yang digunakan sebagai basis untuk serangan tambahan ke jaringan lain.

Namun Juru Bicara dari Google mengatakan bahwa mereka sudah konfirmasi bahwa halnya mereka menaruh perhatian pada hal ini dan sudah berupaya untuk menghapus aplikasi yang berpotensi mengandung Malware.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.