Prosessor MediaTek Helio X30 Di Umumkan

MediaTek Pernah jadi Pesaing dari Qualcomm namun prestasi mereka turun karena Qualcomm mulai memasarkan chipsetnya untuk perangkat kelas menengah kebawah

HELIO X30
HELIO X30

Namun MediaTek Tidak berputus asa mereka ikut mengejar Qualcomm dengan merilis chipset baru yang diproduksi dengan tekhnologi yang cukup canggih untuk menyaingi Qualcomm ataupun Exynos teknologi itu adalah produksi 10nm.

MediaTek hari ini meresmikan produk chip kelas flagship terbaru mereka yaitu Helio X30, yang tak lain merupakan produk ke-3 mereka yang diproduksi lewat teknologi 10nm.

Metode produksi tersebut menjanjikan peningkatan performa yang dibarengi dengan konsumsi tenaga yang lebih hemat ketimbang chip 14nm, seperti Snapdragon 821 misalnya.

Chip ini menggunakan arsitektur deca-core yang terdiri dari 3 cluster, yaitu cluster performa tinggi yang terdiri dari sepasang core Cortex-A73 berkecepatan 2,8GHz, lalu cluster performa menengah yang diisi oleh 4 buah core Cortex-A53 berkecepatan 2,2GHz, dan cluster performa rendah untuk tugas ringan yang berisi 4 buah core Cortex-A53 berkecepatan 2Ghz.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, Helio X30 merupakan chip untuk produk kelas flagship, jadi tak heran jika MediaTek menyertakan dukungan untuk pemakaian 8GB RAM.

Untuk keperluan grafis, Helio X30 mengandalkan GPU Power VR yang terkenal rutin dipakai di iPhone, dengan model PowerVR GT7400 Plus.

Jika kita melihat dari spesifikasi setiap chipset tentu hal ini akan membuat perasingan chip 10nm semakin memanas, apakah Helio X30, Exynos 9810 atau Snapdragon 835 yang akan menjadi terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.