Punya File Duplikat di Ponsel Anda, Begini Cara Mudah Menghapusnya!

  • Bagikan
Hapus File Duplikat
Hapus File Duplikat

Tidak bisa dipungkiri dalam setiap ponsel tentunya memiliki file duplikat yang jarang Anda sadari. Adanya file ini tentunya akan memiliki pengaruh besar terhadap penyimpanan yang ada pada ponsel Anda. Salah satu file yang banyak memiliki duplikat adalah Foto.

Cara Menghapus File Duplikat
Cara Menghapus File Duplikat

image source

Foto merupakan file yang dihasilkan oleh kamera baik menggunakan ponsel maupun kamera lainnya. Foto biasanya terdapat momen-momen penting yang tidak akan pernah Anda melewatkannya. Namun bagaimana jika ternyata ponsel Anda banyak menyimpan file duplikat dari foto yang Anda miliki. Jika Anda membiarkan, tentunya akan memberikan pengaruh besar terhadap penyimpanan ponsel Anda. Apalagi jika Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Untuk itu, sebagai upaya untuk menghilangkan atau menghapus file foto duplikat, Anda membutuhkan alat bantu aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk menghapus file duplikat pada ponsel Anda.

Cara Mudah Menghapus File Duplikat Pada Ponsel Anda

Google Files Go

Aplikasi Files besutan Google ini dapat mengenali sejumlah foto blur ataupun file ganda kemudian memberikan opsi ke pengguna untuk menghapusnya. Sehingga ini akan memberikan rasa nyaman kepada Anda, terutama terkait dengan penyimpanan yang lebih lega.

Bagusnya, aplikasi ini juga mengetahui foto mana yang sudah memiliki salinan cadangan pada cloud sehingga foto yang sama tidak akan hilang begitu saja. Tidak hanya pada galeri saja, Files Go memiliki gambaran umum tentang keseluruhan perangkat pengguna. Artinya, aplikasi ini bukan hanya mengenail file duplikat pada ponsel Anda. Lebih dari itu juga mengidentifikasi isi folder yang mungkin penuh dengan file yang tak pernah Anda gunakan dalam waktu yang cukup lama.

Misalnya saja rekaman layar, folder media WhatsApp, folder screenshot, hingga file berukuran besar yang ada pada ponsel Anda.

Download: Files by Google

Gallery Doctor

Ini merupakan aplikasi pembersih file-file yang ada pada ponsel Android Anda. Mulai dari file duplikat, ataupun file yang memiliki ukuran besar. Biasanya jika Anda memiliki file besar, aplikasi akan memberikan rekomendasi bagi Anda untuk segera menghapusnya. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan penyimpanan telepon agar tidak banyak terbebani dengan file besar.

Selain itu, Aplikasi ini juga mampu menghasilkan kumpulan foto yang dianggap layak hapus. Entah karena mirip satu sama lain atau kualitasnya buruk dan sudah tidak baik untuk berada pada ponsel Anda (menurut analisa aplikasi).

Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa daftar foto yang dikumpulkan sebelum memutuskan untuk menghapusnya. Pasalnya aplikasi hanya mendeteksi foto berdasarkan kualitas tetapi tidak bisa menentukan apakah foto tersebut penting atau tidak untuk pengguna. Baru setelah memutuskan, Anda bisa memilih opsi untuk menghapus file atau foto yang tak terpakai.

Download: Gallery Doctor

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.