Qualcomm Kembali Garap Snapdragon 855 Yang Bakal Diperkenalkan Akhir Tahun Ini!

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa Huawei bakal menggarap Kirin 980, SoC pertamanya yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm. Keunggulan lainnya, chipset yang diproduksi lewat TSMC ini juga akan disematkan fitur artificial intelligent atau yang mereka sebut Neural Precessing Unit (NPU).

Qualcomm Snapdragon 855 2
Qualcomm Snapdragon 855 2

Namun kabar terbaru, tak hanya Huawei yang bakal menggarap chipset dengan teknologi fabrikasi 7nm. Qualcomm pun disebut-sebut juga sedang mempersiapkan Snapdragon 855 yang akan diproduksi menggunakan teknologi pabrikasi yang sama, teknologi yang juga digunakan untuk chipset A12 milik Apple.

Sebelumnya chipset Snapdragon diproduksi dengan menggandeng Samsung, namun untuk Snapdragon seri 800 sepertinya Qualcomm akan menggandeng salah satu perusahaan fabrikasi asal Taiwan yaitu TSMC.

TSMC bukanlah nama baru dalam urusan memproduksi chipset, sebab TSMC adalah di balik kesuksesan chipset A11 milik Apple yang disematkan di iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Bahkan laporan lain menyebutkan kalo chipset A12 yang nantinya akan tertanam di iPhone terbaru juga diproduksi oleh TSMC.

Snapdragon seri 800 yang akan dinamai Snapdragon 855 akan menjadi suksesor pendahulunya yakni Snapdragon 845 yang diharapkan memiliki performa lebih baik untuk smartphone flagship.

Alasan Qualcomm memilih TSMC untuk memproduksi Snapdragon 855 diperkirakan karena perusahaan asal Taiwan tersebut lebih unggul dari Samsung, terkait dengan node 7nm. Hal tersebut diprediksi lebih menyakinkan Qualcomm menyerahkan proses produksi Snapdragon 855 yang direncanakan menggunakan fabrikasi 7nm.

CEO TSMC CC Wei menyebutkan bahwa chipset 7nm ini mulai akan diproduksi masal di kuartal keempat tahun ini. Untuk saat ini, produksi Snapdragon 855 udah di tahap pengambilan sampel bersamaan dengan sejumlah produsen yang telah menyediakan prototipe untuk diuji coba. Selain bekerja sama dengan Apple dan Qualcomm, terungkap juga TSMC akan memproduksi chip 7nm untuk AMD.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.