Qualcomm Kembali Siapkan Penerus Snapdragon 845 dengan Teknologi 5G

Kabar mengenai Qualcomm yang sedang sibuk menggarap chipset kelas atas sebagai penerus Snapdragon 845 bukanlah cerita fiksi. Laporan sebelumnya mengenai Snapdragon 855 menyebutkan bahwa chipset ini akan digarap oleh TSMC dengan teknologi proses 7 nm.

Snapdragon 855
Snapdragon 855

Sejalan dengan informasi tersebut, dikatakan produksinya akan dimulai pada akhir tahun 2018 atau awal 2019. Sekarang, laporan terbaru mengungkapkan bahwa Qualcomm diperkirakan akan mengubah skema penamaan dari Snapdragon 855.

Berdasarkan dokumen pemasukan dari SoftBank yang dicuitkan oleh Roland Quant, disebutkan bahwa prosesor mobile 2019 dari Qualcomm akan bernama Platform Fusion Snapdragon 855. Prosesor ini akan berisi prosesor SDM855 yang terintergrasi dengan Snapdragon X50 yang merupakan modem 5G pertama besutan Qualcomm.

Penamaan “Fusion Platform” ini sepertinya memberi sinyal bahwa prosesor Qualcomm Snapdragon tak cuma akan terpasang di perangkat mobile, namun juga PC dan berbagai perangkat cerdas lainnya.

Spesifikasi yang ditawarkan teknologi 5G adalah dukungan spektrum frekuensi rendah (600MHz, 700MHz), menengah (3,5GHz) dan frekuensi tinggi (50GHz). Jaringan 5G akan mempercepat akses dan membuat nyaman penggunanya.

Oleh karenanya, tak heran jika banyak produsen smartphone berloma-lomba berinovasi mengeluarkan perangkat dengan teknologi 5G milik mereka. Kabarnya vendor asal Tiongkok Lenovo yang tidak mau ketinggalan. Lenovo ingin diakui menjadi vendor pertama yang mengusung teknologi 5G. Selain itu, kabar juga menyebutkan jika Lenovo akan dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 855 Qualcomm yang akan dirilis pada 2019 mendatang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.