Qualcomm Snapdragon 690 Resmi Diumumkan, Chipset Pertama dengan Dukungan konektivitas 5G

Qualcomm kembali mengumumkan kehadiran Chipset terbarunya, yakni Qualcomm Snapdragon 690. Ini merupakan chipset pertama yang memiliki dukungan konektivitas 5G dari jajaran seri 600. Tiga chipset yang paling banyak digunakan di keluarga Snapdragon 600 series adalah Snapdragon 625, Snapdragon 636, dan Snapdragon 660.

Qualcomm Snapdragon 690 Resmi Diumumkan
Qualcomm Snapdragon 690 Resmi Diumumkan – image source

Selain itu, pada tahun 2018 misalnya, Qualcomm menghadirkan tiga Snapdragon 600 series berikutnya. Ketiga series tersebut adalah Snapdragon 632 yang dibangun dengan fabrikasi 14nm, Snapdragon 670 dengan fabrikasi 10 nm, dan Snapdragon 675 dengan fabrikasi 11 nm.

Pada pertengahan tahun 2020, Snapdragon kembali unjuk gigi dengan menambah jajaran seri 600 di kelasnya. Snapdragon 690 mendukung ondevice AI yang luar biasa dan pengalaman hiburan yang menyenangkan.

Kabarnya beberapa perusahaan smartphone mulai dari HMD Global, LG Electronics, Motorola, SHARP, TCL, dan Wingtech adalah beberapa OEM/ODM yang akan mengumumkan smartphone terbarunya yang ditenagai oleh Snapdragon 690.

Seperti dikutip dari pernyataan Cristiano Amon, selaku President, Qualcomm Inc. “Lebih dari 375 desain 5G yang diluncurkan atau hingga saat ini sedang dalam pengembangan menggunakan solusi 5G dari Qualcomm, kami memimpin penyebaran 5G di seluruh tingkat yang berbeda untuk menghadirkan kamera, AI, dan pengalaman gaming generasi selanjutnya”.

Qualcomm Snapdragon 690 hadir dengan CPU yang terdiri dari octa core Qualcomm Kryo 560 sampai 2 GHz. Menurut informasi yang beredar, Kryo 560 dari Qualcomm ini berbasiskan Arm Cortex-A77 dan Arm Cortex-A55. Qualcomm mengklaim CPU ini menawarkan kinerja yang lebih tinggidari pada Qualcomm Snapdragon 675 yang hadir lebih dulu.

Pada Snapdragon 690 telah dilengkapi dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-5 terbaru. Berkat teknologi tersebut memungkinkan smart camera dan video, penerjemah suara, imaging berbasis AI yang canggih, dan pengalaman gaming yang ditingkatkan dengan AI.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.