Resmi Meluncur, Kehadiran Realme 8 Pro jadi Saingan Utama Redmi Note 10 Pro Max

  • Bagikan
Realme 8 Pro
Realme 8 Pro

Realme akhirnya menepati janjinya dengan meluncurkan penerus Realme 7, yakni Realme 8 Series. Seri kedelapan ini hadir dengan dua model, yakni Realme 8 dan Realme 8 Pro. Beberapa orang mengklaim versi ‘Pro’ ini akan menjadi saingan utama Redmi Note 10 Max dari Xiaomi.

Ponsel baru Realme bukannya tanpa peningkatan. Namun sebelum kita menyelami lebih jauh, kita harus mencatat bahwa tampaknya ada pembagian geografis antara kedua model baru tersebut. Realme 8 Pro akan datang ke Eropa minggu depan dan akan tersedia di India juga. Sedangkan Realme 8 hanya akan diluncurkan ke India, belum ada informasi yang menyebutkan jika akan dibawa ke Eropa juga.

Realme 8 Pro
Realme 8 Pro

image source

Spesifikasi Realme 8

Realme 8 menggunakan panel LCD IPS 90Hz untuk Super AMOLED 60Hz. Panel ini akan tampak sama seperti pada versi Pro, yaitu dengan luas 6,4 icnh, 1080p+, kecerahan puncak 1.000 nit, dan rasio pengambilan sampel sentuh 180Hz. Namun, model vanilla ini menggunakan chipset Helio G95, yang sama dengan Realme 7. Jika meninjau realme 7 sebelumnya, Chipset Helio G95 memiliki CPU yang sedikit lebih lambat dan GPU yang sedikit lebih cepat.

Realme 8 ini membawa peningkatan pendingin dengan mengganti pengaturan serat karbon dengan tembaga (yang meningkatkan efisiensi pendingin perangkat sebesar 14% dari sebelumnya). Jadi akan lebih aman saat Anda sedang bermain game berat dan tidak akan mudah overhead.

Masuk pada bagian kameranya, Realme 8 memiliki modul utama 64MP, diikuti dengan kamera sudut ultra lebar 8MP (119º) dan dua modul tambahan (makro 2MP, B&W 2MP). Namun, ponsel ini belum bisa merekam video hingga 4K, jadi kemungkinan ini merupakan hal istimewa yang yang tersedia untuk versi Pro saja.

Untuk catu dayanya, realme menyematkan baterai 5.000 mAh dan pengisi daya Dart 30W. Pengisian daya 50% dapat Anda lakukan dalam waktu 26 menit, pengisian penuh membutuhkan waktu total 65 menit. Satu perubahan yang relatif penting adalah perangkat ini hadir dengan penyimpanan 128GB sebagai standar, namun ada trade-off yang dibuat. Model dasar dimulai dengan RAM 4GB (opsi 6GB dan 8GB juga tersedia). Ada tempat khusus untuk kartu microSD jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan.

Spesifikasi Realme 8 Pro

Peningkatan yang paling nampak pada perangkat ini adalah adanya dukungan kamera utama dengan sensor 108MP. Realme mempercayai kinerja perangkat yang kedelapan ini pada chipset Snapdragon 720G. Ini merupakan chipset yang diketahui dan disukai oleh realme. Dan chipset ini telah teruji dengan baik mampu mengoptimalkan Realme UI yang berjalan pada chipset tersebut. Bersamaan dengan C25 yang realme rilis pada hari Senin kamera, Realme 8 dan 8 Pro adalah perangkat pertama yang datang dengan UI versi 2.0 di luar China.

Realme 8 Pro memiliki opsi memori sama, Anda bisa memilih antara RAM 6GB dan 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Akan tetapi jika Anda membutuhkan lebih banyak, realme masih membekalinya slot microSD pada baki tiga kartu untuk memudahkan ekspansi. Namun, ponsel ini masih menggunakan konektivitas 4G bukan 5G.

Yang tidak boleh Anda lupakan adalah versi ‘Pro’ dari Realme 8 ini memiliki sensor Samsung HM2 108MP. Ini memiliki 0,7 µm piksel dan mendukung 9-in-1 binning (resolusi gambar akhir adalah 12MP). Ini juga merupakan sensor besar, 1/1,52 ”, dengan aperture f/1.9. Jadi sensor ini dapat berfungsi sebagai dasar yang kokoh untuk pencitraan cahaya rendah yang berkualitas.

Selain itu, terdapat pembaruan mode Super Nightscape yang lebih signifikasi. Mode Ini memiliki kesamaan dalam mode Video Ultra Nightscape yang bisa Anda gunakan untuk mengambil objek dari kejauhan, misalnya mngambil gambar bintang. Selain itu, ada Starry Mode yang sekarang juga tersedia untuk mode video (ini merupakan mode pertama yang ada pada smartphone). Jika Anda memiliki waktu satu jam, ponsel dapat mengambil 240 frame (masing-masing berjarak 15 detik) dan merangkainya menjadi video 8 detik yang menunjukkan pergerakan langit malam.

Pada sisi lainnya, terdapat kamera ultrawide 8MP dengan lensa dengan aperture f/2.25 dan bidang pandang 119º. Terakhir, kamera makro 2MP dan kamera 2MP B&W melengkapi kuartet bagian belakang. Untuk bagian depan ada kamera selfie dengan resolusi 16MP (IMX471, f/2.45).

Bicara soal desain depan, realme 8 Pro memiliki layar Super AMOLED seluas 6,4 inci. Panelnya tidak sama seperti pada 7 Pro, yang ini lebih cerah dengan puncak 1.000 nits. Peningkatan lainnya adalah tingkat pengambilan sampel sentuh hingga 180Hz, tetapi penggunaannya hanya terbatas pada 60Hz.

Selanjutnya, realme 8 Pro memiliki baterai 4.500 mAh yang menjanjikan kinerja hingga 20 jam ketika menonton video YouTube tanpa gangguan atau 8 jam bermain game. Selain itu, ada pengisi daya 65W, realme mengklaim pengisi daya ini mampu mengisi ulang 50% dalam waktu 17 menit dan mencapai 100% dalam 47 menit.

Realme 8 Pro vs Redmi Note 10 Pro Max

Kehadiran Realme 8 Pro kemungkinan akan menjadi batu sandungan bagi Xiaomi Redmi Note 10 Pro Max. Keduanya memiliki kesamaan yang merupakan salah satu ponsel Android murah terbaik saat ini. Perangkat tersebut sama-sama menggunakan layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan tingkat sampling sentuh 180Hz. Namun, yang sedikit mengecewakan bagi Realme 8 Pro adalah panel tersebut hanya menawarkan kecepatan refresh rate 60Hz.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.