Review OnePlus 8T, Flagship yang Nyaris Sempurna!

Beberapa bulan setelah peluncuran OnePlus 8, kini perusahaan telah meluncurkan penggantinya berupa OnePlus 8T. OnePlus 8T hadir dalam isolasi tanpa OnePlus 8T Pro yang menyertainya. Hal ini dikarenakan OnePlus 8 Pro yang ada akan terus menjadi andalannya.

OnePlus memang sering memasang jarum setiap tahun dengan penyegaran T pada pertengahan siklusnya. Ini biasanya hadir dengan menambahkan fitur baru yang cukup sehingga pengguna menemukan alasan yang cukup kuat untuk mengambil respon baru.

Oleh karena itu, OnePlus nyaris menjadi sebuah flagship yang nyaris sempurna dan mencapai keseimbangan ideal dalam fitur barunya. Perangkat ini memiliki perangkat keras internal yang mirip dengan seri OnePlus 8, tetapi mengambil pengisian cepat 65W dan desain baru untuk rumah kamera belakang yang membuatnya menonjol. Ada juga tampilan 120Hz, dan layarnya sendiri datar, tidak seperti seri OnePlus 8.

OnePlus 8T dijual seharga $749 atau Rp11 juta. Hal ini ditempatkan di antara OnePlus 8 yang harganya $699 atau Rp10,3 Juta dan OnePlus 8 Pro, yang sekarang dijual seharga $799 atau Rp11,7 jutaan.

Desain

Desain Baru OnePlus 8T
Desain Baru OnePlus 8T

OnePlus 8T tidak terlalu banyak perubahan dalam hal estetika desain dari seri OnePlus 8. Kamu akan menemukan sudut membulat yang sama, lekukan halus yang sama di bagian belakang tempat kaca bertemu dengan rangka tengah, dan sasis logam yang sama.

OnePlus mengaku dari estetika desain di sini, 8T adalah pilihan yang bagus jika Anda tidak menyukai layar melengkung. Meskipun bahasa desainnya sendiri sebagian besar tidak berubah, ada dua perbedaan utama di bagian depan desain. Ada housing kamera baru di bagian belakang yang membuat 8T terlihat sedikit lebih elegan.

Dari desain di atas terlihat OnePlus 8T memiliki empat sensor kamera dan lampu kilat LED ganda. Keduanya dibagi menjadi dua kolom: tiga sensor utama disusun secara vertikal dan menempati kolom pertama, dengan dua modul lampu kilat LED dan sensor keempat di kolom kedua.

Layar

Layar OnePlus 8T
Layar OnePlus 8T

Perubahan besar pada sisi tampilan dengan OnePlus 8T adalah kecepatan refresh 120Hz, sama dengan OnePlus 8 Pro. Panel itu sendiri tidak berubah dari seri OnePlus 8, memberikan kecerahan hingga 1100nits dalam mode otomatis dan HDR10+.

OnePlus 8T memiliki layar Fluid AMOLED 6,55 inci dengan resolusi FHD+ (2400 x 1080). Seperti ponsel OnePlus terbaru, ada lapisan E3 yang berfungsi sebagai filter cahaya biru berbasis perangkat keras.

Seperti seri OnePlus 8, OnePlus 8T memiliki suara stereo, dengan speaker sekunder berada tepat di atas layar. Speaker stereo sangat bagus untuk bermain game dan streaming video di perangkat.

Chipset

Chipset OnePlus 8T
Chipset OnePlus 8T

Perangkat ini ditenagai oleh Snapdragon 865 sama seperti OnePlus 8 dan 8 Pro dan memiliki modul penyimpanan RAM LPDDR4X dan UFS 3.1. Dengan Snapdragon 865 yang sudah dioptimalkan untuk OxygenOS dan memberikan tingkat kinerja yang serupa, OnePlus dapat menawarkan pengalaman bebas bug sejak hari pertama dengan memanfaatkan chipset yang ada.

Keputusan OnePlus untuk menggunakan Snapdragon 865 adalah keputusan yang cerdas. Mengapa tidak Snapdragon 865+? OnePlus mengatakan Snapdragon 865 terus memberikan kinerja terdepan di kelasnya untuk bermain game dan tugas-tugas sehari-hari. Sedangkan Snapdragon 865+ hanya menawarkan keuntungan marjinal saja.

Baterai

Suplai Daya OnePlus 8T
Suplai Daya OnePlus 8T

Fitur tenda pada OnePlus 8T adalah Warp Charge 65. Standar pengisian cepat 65W memberikan pengisian penuh hanya dalam 39 menit. OnePlus menggembar-gemborkan pengisian daya hingga 50% hanya dalam 15 menit, memberi Anda daya yang cukup untuk bertahan beberapa jam.

Untuk memfasilitasi Warp Charge 65, OnePlus membuat beberapa perubahan pada baterai pada 8T. Alih-alih satu baterai 4500mAh, ponsel ini memiliki dua baterai 2250mAh yang menerima pengisian daya 32,5W secara bersamaan.

Itulah yang memungkinkan peningkatan besar dalam kecepatan pengisian daya, dan karena sebagian besar sirkuit pengisian daya ditempatkan di dalam pengisi daya dinding, perangkat itu sendiri tidak terlalu panas saat mengisi daya.

Daya 65W dikirim lebih dari 10V pada 6,5A, dan dibagi rata antara dua baterai di telepon. OnePlus mengatakan 8T memiliki 12 sensor untuk melakukan pengisian daya secara efektif dan memastikan ponsel tidak terlalu panas.

Kamera

Kamera OnePlus 8T
Kamera OnePlus 8T

OnePlus 8T mempertahankan sensor utama Sony IMX586 48MP yang sama dengan OnePlus 8. Selain itu, OnePlus 8T mendapat modul tambahan baru: ada sensor sudut lebar 16MP yang memanfaatkan Sony IMX481, dengan OnePlus menggembar-gemborkan bahwa ia menawarkan bidang pandang 123 derajat. Anda juga mendapatkan lensa makro 5MP, dan lensa monokrom 2MP.

Antarmuka kameranya sendiri tidak berubah. Mode diletakkan di pita di bagian bawah, dan integrasi Google Lens dimasukkan ke dalam kamera. Kamu dapat memilih mode 12MP default atau menggunakan opsi resolusi penuh 48MP. Kamu juga bisa memilih dari berbagai filter, dan menyesuaikan pengaturan untuk flash, pengatur waktu, dan mengakses mode makro dengan mudah dari jendela bidik.

Software

Antarmuka OnePlus 8T
Antarmuka OnePlus 8T

OnePlus membuat banyak langkah positif di bagian depan perangkat lunak selama dua tahun terakhir, dan ini memulai perjalanan baru dengan OxygenOS 11. Skin ini didasarkan pada Android 11 dan memiliki gaya visual baru yang berani yang sangat berbeda dengan versi sebelumnya.

Tata letak visual baru dirancang untuk memfasilitasi penggunaan satu tangan, dengan sebagian besar elemen antarmuka berada jauh di bawah halaman. UX sangat mirip dengan Samsung One UI, tetapi untuk apa nilainya, UX bekerja dengan baik pada perangkat seperti 8T.

source: androidcentral.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.