[Rumor] Benarkah Snapdragon 830 Akan di Produksi Oleh Samsung ?

Pasti anda sudah tau mengenai Perasingan Apple Dan Samsung dalam bisnis jual Hardware namun di balik hal tersebut Samsung rupanya adalah pemasok terbesar untuk kebutuhan komponen iPhone

snapdragon-830
snapdragon-830

Mereka bukan hanya jadi pemasok ekslusif untuk Komponen iPhone melainkan sekarang mereka sudah sukses gandeng perusahaan barisan depan yang berada di industri ponsel yaitu Qualcomm.Kabar terbaru menyebutkan kalau Samsung telah sukses menjalin kesepakatan baru dengan Qualcomm untuk menjadi rekanan eksklusif yang menjalankan proses produksi dari Snapdragon 830, dimana Qualcomm kabarnya sangat tertarik untuk memanfaatkan teknologi 10nm milik Samsung.

Proses ini nantinya bakal dikembangkan secara bersamaan oleh kedua perusahaan, dimana mereka memanfaatkan teknik baru bernama FoPLP (Fan-out Panel Level Package) untuk meniadakan keperluan pemakaian papan sirkuit yang sudah dicetak. Lewat cara ini, biaya produksi bisa ditekan dan proses pengintegrasian port I/O bakal lebih mudah, juga mempertipis ketebalan chip. Yang tak kalah penting, teknologi baru ini juga bakal mengoptimalkan penghematan energi.

Samsung nantinya juga bakal memanfaatkan teknologi serupa untuk memproduksi chip Exynos 8895, jadi selisih performa antara Snapdragon 830 dengan Exynos 8895 idealnya bakal tak terlalu jauh.

Di Sisi Lain TSMC yang bertanggung jawab dalam produksi Chip Ax series milik Apple nampaknya tidak ingin kalah dan memiliki tekad untuk jalankan fasilitas 10nm untuk tandingi Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *