Samsung Mulai Kembangkan Chipset Exynos 9820

Samsung yang rupanya sudah bersiap-siap untuk melakukan pengembangan terhadap smartphone terbaru besutan mereka, yakni Galaxy S10. Dimana hal tersebut yang berdasarkan terungkapknya nama Exynos 9820 dalam pengembangan Samsung. Mengingat tradisi sebelumnya, prosesor ini rupanya tak akan disematkan oleh pabrikan asal Korea Selatan tersebut, di Galaxy Note 9 miliknya.

Exynos 9820
Exynos 9820

layaknya Huawei, Samsung juga memiliki divisi pengembangan SoC yang disebut-sebut akan dibangun menggunakan teknologi proses FinFET 7nm. Selain itu, SoC ini juga diperkirakan akan hadir dengan CPU terbaru, yakni Samsung Mongoose 4 (M4).

Seperti diungkap oleh salah satu tipster teknologi ternama, yakni Ice Universe (@UniverseIce) bahwa Mongoose 4 akan lebih kuat dari ARM Cortex A-76 dan juga lebih hemat energi. Exynos 9820 dikatakan akan dibuat pada arsitektur 7nm yang sudah pasti akan lebih kuat dari 9810 dan diharapkan dapat membawa lebih banyak kekuatan komputasi dari Cortex-A76 yang baru saja ARM umumkan.

ARM sebelumnya telah mengungkapkan jika Cortex-A76 adalah solusi ARM berikutnya untuk smartphone kelas atas dan dapat mencapai kecepatan 3,3 GHz yang secara teoritis berarti bahwa kecepatan Mongoose M4 mungkin dapat mencapai lebih dari 3.30 GHz.

Tentu kita mungkin tidak akan melihat kecepatan itu di ponsel cerdas (setidaknya hingga sekarang) karena keterbatasan pada sistem pendingin. jadi chip mungkin hanya akan berjalan di suatu tempat di antara 2.50 hingga mencapai 2,80 GHz untuk perangkat yang memiliki solusi pendinginan canggih.

Melansir dari laman Sam Mobile, selain teknologi tersebut, Exynos 9820 ini juga dikabarkan akan menjadi salah satu prosesor mobile pertama yang akan mendukung jaringan 5G. Hal ini sangat memungkinkan jika mengingat pada 2019, uji coba jaringan 5G baru akan dimulai.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.