Samsung Resmi Perkenalkan Chipset Terbarunya, Exynos 9810

Bermaksud menantang kehadiran Snapdragon 845, Samsung kembali memperkenalkan chipset generasi terbaru dari seri 9, yaitu Exynos 9810. Chipset ini merupakan generasi kedua yang menggunakan fabrikasi 10nm setelah Exynos 8895. Selain itu, Exynos 9810 menggunakan prosesor generasi ketiga (custom) yang mampu mentransfer data secara cepat dengan enhanced LTE modem, topnotch image processing, dan kemampuan deep learning.

Chipset Exynos 9810
Chipset Exynos 9810

Inti dari Exynos 9810 ini mampu berjalan pada kecepatan 2,9 GHz yang memiliki kemampuan 40 persen lebih baik dari pendahulunya pada performa multicore. Kemampuan deep learning-nya membuat smartphone dengan mudah mengidentifikasi orang dan objek pada foto dengan depth sensing.

Di dalamnya, Samsung menyematkan generasi ketiga custom core mereka, yaitu Multicore (M3). Walau belum diketahui kemampuan lengkapnya, namun banyak pihak percaya jika M3 jauh lebih hebat dibandingkan seri inti sebelumnya. Tidak hanya dari sisi core saja yang ditingkatkan oleh Samsung di dalam 9810. Pihaknya turut meningkatkan sisi pengolah grafis dari chipset tersebut. Kemungkinan besar, Samsung akan menggunakan core Mali-G72, yang merupakan peningkatan dari G71 yang digunakan pada chipset sebelumnya.

Apapun spesifikasi yang diusungnya, chipset baru itu tentu akan membawa fitur yang meningkat ketimbang sebelumnya yakni Exynos 8895 yang menyokong Galaxy S8 dan Note 8.

Exynos 9810 diduga kuat akan menjadi prosesor Galaxy S9 yang telah mendapat sertifikasi dari FCC. Sayangnya FCC tak mengumbar bocoran prosesor perangkat tersebut sehingga kabar ini belum dapat dipastikan sepenuhnya. Namun konfirmasi Samsung dan sertifikasi FCC ini menandai bahwa perusahaan bersiap untuk merilis smartphone terbarunya dalam waktu dekat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.