Samsung Rilis ISOCELL, Sensor Kamera Terbaru untuk Galaxy S9

Selain smartphone dan prosesor, Samsung juga mengembangkan sensor kamera sendiri, yakni ISOCELL. Saat ini diam-diam Samsung sudah menyiapkan sensor ISOCELL baru yang katanya untuk diterapkan pada flagship terbarunya. Sensor ini bakal punya kemampuan yang hampir setara dengan sensor Sony IMX400 yang bisa merekam video slow motion 960 fps.

Samsung Galaxy S9
Samsung Galaxy S9

Berkat 3-stack Fast Read Out Sensor (FRS) dan Dual Pixel Super Phase Detection Sensor (Super PD) yang disatukan pada sensor ISOCELL baru ini, membuat kamera bisa membidik dan mengunci fokus lebih cepat dan akurat dibanding generasi sebelumnya. Secara cerdas, Super PD dapat mengidentifikasi jarak benda yang bergerak cepat, bahkan ketika cahaya kurang sekalipun.

Berbeda dengan sensor kamera Samsung sebelumnya, kedua sensor ini mengusung ukuran tipis. Dengan demikian, modul kamera smartphone kemungkinan bisa rata dengan bodi smartphone. Jika benar begitu, bisa jadi falgship terbarunya yang akan ditanamkannya adalah Galaxy S9. Tentunya dengan desain yang super beda dengan seri S sebelumnya yang memiliki kamera dengan bentuk datar dan tidak menonjol.

Samsung Galaxy S9 Sensor
Samsung Galaxy S9 Sensor

Dengan demikian, Galaxy S9 kemungkinan tak lagi mengusung kamera ganda jika sensor kameranya sudah mengusung teknologi tersebut. Selain itu, tiap piksel sensor ISOCELL Fast 2L9 berukuran 1,28 nanometer dan lebih kecil dibandingkan 1,4 nanometer yang ada di sensor kamera flagship smartphone Samsung sekarang.

Sementara, sensor kedua bernama ISOCELL SLIM 2X7, mengusung resolusi 24MP. Ukuran pikselnya lebih kecil lagi, yaitu di angka 0,9 nanometer. Jadi, semakin besar ukuran piksel, biasanya semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan, begitu pun sebaliknya. Di sensor ini, Samsung juga menyematkan teknologi Deep Trench Isolation untuk bisa mengurangi crosstalk antar piksel yang bisa meningkatkan kualitas gambar.

Kita berdoa saja, semoga sensor triple stacked buatan Samsung bisa mengatasi batasan durasi video. Nantinya Samsung Galaxy S9 akan memiliki kamera 12 MP dengan aperture dinamis f/1.5 hingga f/2.4 sesuai dengan skenario pengambilan foto. Untuk itu, kita tunggu saja berita terbaru dari Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ dalam ajang MWC 2018 mendatang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.