Samsung Rilis Pembaruan One UI 4 Untuk Samsung Galaxy S21

Akhirnya Samsung mengirimkan pembaruan One UI 4 untuk Samsung Galaxy S21 yang sebelumnya mengalami masalah dalam hal refresh rate layarnya. Samsung Galaxy S21 tidak dapat bekerja maksimal dengan refresh rate yang tinggi setelah melakukan One UI baru Samsung tersebut.

Samsung Rilis Pembaruan One UI 4
Samsung Rilis Pembaruan One UI 4

image source

Diketahui bahwa Samsung dikenal sebagai salah satu produsen ponsel Android terbaik yang berada dibawah jajaran perusahaan Apple. Apalagi ponsel terbarunya, yakni Samsung Galaxy S21 memiliki layar cantik yang menampilkan tampilan kecepatan refresh tinggi, kamera fantastis, dan perangkat lunak One UI terkemuka.

Akan tetapi, versi beta One UI terbaru yang berbasis Android 12 tersebut tampaknya telah menyisakan bug sistem yang memberikan pengaruh besar terhadap kinerja layar Samsung Galaxy S21 yang sebelumnya berjalan mulus.

Menurut laporan dari Android Police dari forum reddit, versi beta One UI terakhir untuk Android 12 tampaknya telah mengunci kecepatan refresh yang tinggi, bahkan hanya bisa menampilkan refresh rate 60Hz pada ponsel seri Galaxy S21. Hal ini mengakibatkan pengguliran yang tersendat-sendat dan pengalaman aplikasi yang sedikit lamban tidak seperti biasanya.

Anehnya, bug tersebut tampaknya hanya memengaruhi perangkat Galaxy S21 yang menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon, karena pengguna Galaxy S21 yang menjalankan chip Exynos milik Samsung sendiri belum melaporkan masalah tersebut terjadi setelah mereka menggunakan One UI 4 yang terbaru.

Moderator Beta Samsung mengakui dalam forum Reddit bahwa ia sedang mengerjakan solusi dan telah ditingkatkan ke tim jaminan kualitas internalnya. Meskipun belum memiliki kerangka waktu yang pasti kapan perbaikan akan tiba, pemilik Galaxy S21 yang menjalankan One UI 4 beta keempat dapat secara manual mengatur pengaturan tampilan mereka untuk berjalan pada kecepatan refresh rate 60Hz saat ini.

Sejak Samsung Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Utra memulai debutnya awal tahun ini, pengulas dan penggemar sama-sama memuji kualitas pembuatan dan pengalaman keseluruhan dari ponsel tersebut. Dan kesimpulannya, banyak pengguna yang telah menetapkannya ke dalam daftar ponsel Android terbaik dengan kamera ponsel Android terbaik sepanjang tahun ini. Namun dengan hadirnya One UI 4 tersebut dapat menjadi pemicu baru yang mengganggu pengalaman pengguna dan membuat frustrasi.

Sebagai solusinya Samsung telah merilis Pembaruan One UI 4 baru untuk memperbaiki bug kecepatan refresh layar Galaxy S21.

Hanya beberapa hari setelah mengakui bug kecepatan refresh layar yang memengaruhi ponsel seri Galaxy S21, Samsung telah merilis pembaruan One UI 4 stabil baru untuk memperbaiki masalah tersebut (melalui XDA Developers). Pembaruan sekarang tersedia untuk varian Verizon dari trio S21 dan diharapkan segera mencapai varian lain di AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *