Samsung Sedang Rancang NPU Khusus Untuk SoC Exynos 9820 Dengan Koneksi 5G

Raksasa pabrikan elektronik asal Korea Selatan ini kabarnya sedang mempersiapkan chipset generasi terbarunya dengan dukungan Neural Processing Unit atau NPU khusus. Hal ini terungkap dari profil LinkedIn salah satu mantan karyawannya.

Samsung Exynos
Samsung Exynos

Besar kemungkinan dukungan NPU khusus akan menempel ke dalam chipset unggulan Exynos 9820 yang akan datang. Ini berarti, Galaxy S10 akan jadi smartphone Samsung pertama yang memiliki kecerdasan buatan secara penuh.

Bocoran lainnya juga menyebutkan jika pada proyek pembuatan chipset Exynos 9820 tertulis adanya penyebutan chip frekuensi radio ā€5Gā€. Ini juga membuktikan bahwa pada chipset tersebut akan mengadopsi frekuensi jaringan 5G yang menandakan bahwa Galaxy S10 akan jadi smartphone pertama yang bakal hadir dengan jaringan 5G.

Prosesor Exynos 9820
Prosesor Exynos 9820

Sayangnya dalam penyataan tersebut tidak disebutkan detail dari chip dimaksud. Adapun untuk proses produksi dengan menggunakan 7nm tampaknya belum memungkinkan saat ini. Pasalnya, sampai dengan sekarang Samsung memang belum memiliki jalur produksi untuk chip 7nm yang siap meluncur pada awal tahun 2019.

Chipset Exynos 9820 akan memiliki dukungan GPU yang lebih kuat dan kecepatan clock yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Exynos 9810. Jika pada generasi sebelumnya clock speed yang dimiliki ialah 2,9 GHz, maka Exynos 9820 diperkirakan akan memiliki clock speed di atas 3.0GHz. Selain itu, konsumsi daya dari sang chipset juga akan lebih ditingkatkan lengkap dengan dukungan untuk konektivitas 5G di dalamnya.

Kabarnya, Samsung akan memasarkan Galaxy S10 dengan chipset besutan Qualcomm di pasar Amerika Serikat dan Cina. Tentu saja Samsung juga akan memanfaatkan teknologi AI yang dikembangkan oleh Qualcomm.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.