Sebelum Beli, Inilah Cara Mengetahui Perbedaan Realme 9 dan Realme 8

  • Bagikan
Rumor Render Realme 9 Series
Rumor Render Realme 9 Series

Menurut laporan terbaru, pabrikan China sedang mengembangkan penerus dari Realme 8, yakni Realme 9 Series. Namun Realme 9 Series ini bukah menjadi satu-satunya yang akan hadir pada awal tahun ini. Kabar sebelumnya juga menyebutkan bahwa Realme sedang bersiap untuk merilis Realme GT 5G secara global pada 15 Juni besok. Besar kemungkinan, Realme GT 5G inilah yang akan hadir lebih dahulu dari pada penerus Realme 8 tersebut.

Rumor Render Realme 9 Series
Rumor Render Realme 9 Series

image source

Kendati begitu, serangkaian render kehadiran Realme 9 Series mulai bermunculan. Namun, hal ini tidak dapat menjamin keaslian render tersebut, bisa saja seseorang hanya akan melihat bola kristalnya. Jika melihat desain perangkat ini, itu bisa menjadi awal yang baik untuk render pertama. Sebagai dugaan awal penulis, bahwa seri Realme 9 dapat akan meluncur pertama kalinya di India pada akhir tahun ini dengan dukungan 5G seperti Realme 8 sebelumnya.

Bocoran Spesifikasi Realme 9 Series

Selain itu, bocoran spesifikasinya menyebutkan jika Realme 9 akan hadir dengan kamera punch-hole yang terletak pada pojok kiri atas dengan bezel yang begitu tipis. Ada modul persegi panjang pada bagian belakang ponsel sebagai tata letak dari empat sensor kamera. Kamera utamanya 64MP yang cukup menarik. Pada bagian samping, Anda bisa melihat adanya sensor sidik jari. Letak sensor sidik jari juga menyatu sekaligus merupakan tombol power.

Masuk pada sisi kiri terdapat tombol volume yang terletak pada sebelah baki kartu SIM. Ada jack audio 3.5mm, port USB Type-C, dan kisi-kisi speaker terletak pada bagian bawah. Pada sisi atasnya, terdapat mikrofon tambahan untuk pengurangan kebisingan. Soal warnanya, Realme 9 Series akan memiliki opsi beberapa warna, termasuk warna hijau baru yang unik.

Lantas, bagaimana dengan Realme 8? Berikut ini akan penulis ulang dengan detail mengenai spesifikasi yang dibawa Realme 8.

Inilah Spesifikasi Realme 8 Series

Realme 8 Series
Realme 8 Series

image source

Realme 8 memiliki 3 macam varian, yakni Realme 8, Realme 8 Pro dan Realme 8 5G. Hadirnya Realme 8 5G diklaim akan menjadi ponsel 5G termurah yang masuk ke pasar Indonesia saat ini. Hal ini bisa saja terjadi, karena jika melihat dari spesifikasinya, Realme 8 5G memiliki beberapa penurunan spesifikasi jika dibandingkan dengan versi standarnya, yakni Realme 8.

Realme 8 5G memiliki dimensi 162.5 x 74.8 x 8.5 mm dan bobot 185 gram. Desain modul kamera belakang dan depan memang mirip dengan Realme 8, namun Realme 8 5G tak lagi menampilkan tulisan ‘Dare to Leap’ seperti dua saudara.

Pada bagian layarnya Realme 8 5G mengusung layar IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan refresh rate 90Hz. Varian 5G menjadi satu-satunya yang membawa layar berjenis IPS, berbeda dengan Realme 8 dan 8 Pro yang hadir dengan layar Super AMOLED.

Masuk pada sektor kinerjanya, Realme 8 5G menyematkan Chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G yang berpasangan dengan RAM 4GB/8GB dan penyimpanan internal 128GB. Sedangkan dua saudara lainnya, mengemas Chipset Mediatek Helio G95 untuk varian standar. Untuk versi Pro mendukung Snapdragon 720G. ketiga ponsel ini sama-sama menjalankan sistem operasi Android 11 dan tampilan antarmuka Realme UI 2.0.

Perbedaan mencolok lainnya dari sektor kamera utamanya. Varian 5G justru hadir dengan pengaturan tiga kamera. Realme 8 5G memiliki kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP dan kamera depannya memiliki sensor 16 MP. Sedangkan Realme 8 standar dan 8 Pro, keduanya membawa modul quad-camera pada bagian belakangnya. Bahkan, sensor utama Realme 5G lebih kecil dibanding keduanya, yakni 64 MP dan 108 MP untuk versi Pro.

Inilah ulasan singkat yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk membeli Realme 8 atau Realme 9. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Rumor Kehadiran Realme Pad dan Realme Book

Selain tentang rumor kehadiran Realme 9 Series, perusahaan juga tengah menggarap Realme Pad dan Realme Book. Dari laporan sejauh ini, perusahaan akan merilis laptop dan tablet pertamanya pada 15 Juni bersamaan dengan Realme GT 5G. Ada juga laporan bahwa perangkat ini pertama kali akan tiba di India.

Laptop Realme akan memiliki tampilan rasio aspek 3: 2, struktur aluminium, opsi perak, dan sistem operasi Windows 10 yang sudah terinstal sebelumnya. Adapun Realme Pad, kemungkinan akan datang dengan kamera ganda serta struktur logam. Namun, mengenai detail lainnya masih belum banyak diungkap, sehingga harus menunggu pada waktu peluncurannya tiba.

Namun, tak perlu heran jika realme mulai masuk ke bisnis laptop dan tablet. Sejak munculnya pandemi coronavirus, telah terjadi lonjakan permintaan untuk perangkat layar besar. Produsen smartphone mulai menghidupkan kembali bisnis tablet mereka dengan tablet baru. Lantas apakah Realme akan berhasil atau tidak dengan bisnis laptop dan tabletnya tersebut?

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.