Smartwatch Garmin Anda Mengalami Masalah, Berikut Cara Mudah Mengatasinya!

  • Bagikan
Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Smartwatch Garmin
Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Smartwatch Garmin

Smartwatch Garmin merupakan salah satu jam tangan pintar paling keren dengan segudang fitur menariknya. Garmin sendiri merupakan vendor wearable asal AS, yang ada di Indonesia. Anda tentunya sudah mengetahui beberapa perangkat Garmin yang sudah banyak beredar di pasaran. Dan bisa jadi adalah sebagai salah satu yang pengguna setia jam tangan Garming.

Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Smartwatch Garmin
Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Smartwatch Garmin

image source

Walaupun Garmin merupakan pabrikan ternama dalam bidang perangkat wearable dengan perangkat terbaiknya, namun tentunya hal ini masih tidak lepas dari berbagai masalah. Jam tangan pintar dan pelacak kebugaran ini memang terkadang menghadapi banyak penyalahgunaan setiap hari. mulai dari mengikat ke pergelangan tangan, membersihkan gundukan dan benturan, kotoran dan percikan. Dapat Anda pahami, bahwa pengguna akan menghadapi masalah sesekali. Akan tetapi banyak di antaranya dapat diperbaiki dengan mudah. Nah, penulis akan memberikan beberapa masalah umum yang sering terjadi pada perangkat Garmin dan cara mengatasinya dengan mudah.

Beberapa Masalah Umum Pada Smartwatch Garmin dan Cara Mengatasinya

Masalah # 1: Masalah Sinkronisasi

Sinkronisasi dengan Aplikasi Garmin Connect
Sinkronisasi dengan Aplikasi Garmin Connect

Seperti kebanyakan perangkat lainnya, produk Garmin dapat Anda sinkronkan dengan smartphone Android melalui Bluetooth. Seringkali hubungan ini terjadi karena oleh beberapa faktor. Akibatnya, Anda mungkin tidak dapat menyinkronkan jam tangan Anda dengan ponsel. Jika Anda mengalami masalah ini, berikut beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Pastikan aplikasi Garmin Connect sudah terinstal pada smartphone Anda. Selain itu, pastikan Bluetooth dalam status aktif pada ponsel Anda (Pengaturan => Bluetooth => Aktif).
2. Periksa kembali apakah perangkat Garmin Anda dalam mode berpasangan. Untuk melakukan ini, buka menu Pengaturan perangkat Garmin Anda, ketuk Bluetooth, dan pilih Pasangkan perangkat seluler.
3. Coba matikan dan nyalakan Bluetooth pada ponsel cerdas Anda. Seringkali cara yang sederhana ini dapat memperbaiki sebagian besar masalah koneksi antar perangkat.
4. Jika masih belum bisa, coba matikan dan hidupkan ponsel cerdas Anda.
5. Nyalakan dan matikan juga perangkat Garmin Anda.
6. Instal ulang aplikasi Garmin Connect pada ponsel Anda.
7. Selanjutnya Anda dapat memeriksa apakah perangkat Garmin Anda telah menginstal perangkat lunak terbaru atau tidak. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan => Tentang. Bandingkan versi perangkat lunak pada perangkat Anda dengan yang terdaftar oleh Garmin.
8. Cara lain, Anda bisa mencoba menghapus perangkat Garmin Anda dari akun Garmin Connect Anda dan tambahkan kembali. Untuk melakukan ini, buka Garmin Connect. Ketuk tombol Menu. Gulir ke bawah dan pilih perangkat yang ingin Anda hapus. Untuk menambahkan perangkat Anda lagi, ikuti langkah yang sama tetapi ketuk Tambah Perangkat.

Masalah #2: Tidak Bisa Menerima Notifikasi

Garming Tidak Menerima Notifikasi
Garming Tidak Menerima Notifikasi

Anda mungkin mengalami masalah pemberitahuan dari waktu ke waktu. Jika Anda berada dalam masalah ini, Anda mungkin perlu mengubah beberapa pengaturan pada ponsel cerdas atau Garmin Anda.

1. Periksa kembali apakah Bluetooth Anda aktif dan sudah terhubung ke jam tangan Garmin Anda.
2. Periksa apakah Garmin Connect memiliki akses notifikasi. Pada ponsel Android Anda, buka Pengaturan => Aplikasi, ketuk Garmin Connect, dan pilih opsi Pemberitahuan. Pastikan Izinkan Pemberitahuan telah Anda aktifkan.
3. Jika UI ponsel Anda sedikit berbeda, Anda juga dapat mencari “Pemberitahuan” pada bilah pencarian halaman Pengaturan ponsel Android Anda.
4. Selanjutnya periksa apakah pemberitahuan yang ingin Anda terima juga telah Anda aktifkan pada Garmin Connect. Buka aplikasi Garmin Connect, pilih tombol Menu, lalu Pengaturan => Pemberitahuan => Pemberitahuan Aplikasi.
5. Jika Anda memiliki perangkat Huawei, Anda mungkin perlu mengatur Garmin Connect agar berjalan pada latar belakang. Buka Pengaturan => Baterai => Peluncuran Aplikasi. Ini harus memungkinkan aplikasi untuk berjalan pada latar belakang dan memulai secara otomatis.

Masalah # 3: Garmin Tidak Dapat Mengisi Daya

Masalah Pengisian Daya Pada Garmin
Masalah Pengisian Daya Pada Garmin

Jika jam tangan pintar atau pelacak kebugaran Garmin Anda tidak menyala, ada beberapa cara untuk memeriksa apakah itu karena kesalahan sederhana yang bisa Anda atasi dengan cepat.

1. Anda perlu memeriksa apakah perangkat terisi penuh dengan menghubungkannya ke pengisi daya dan sumber listrik.
2. Periksa apakah titik pengisian daya pada perangkat atau pengisi daya Garmin rusak atau berkarat. Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan setetes alkohol dan kapas. Periksa juga apakah kabel daya yang Anda gunakan rusak.
3. Coba paksa boot ulang Garmin Anda. Untuk melakukan ini, hubungkan ke sumber daya melalui pengisi daya. Lalu tekan dan tahan tombol daya antara 15-60 detik hingga layar menyala. Ini hanya berlaku jika perangkat Garmin Anda dapat di-boot ulang.
4. Jika perangkat sedang mengisi daya tetapi layar tidak menyala, mungkin itu masalah perangkat lunak. Coba perbarui perangkat lunak perangkat Anda dengan menghubungkannya ke PC atau Mac dan menggunakan Garmin Express pada PC.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.