Solusi mengatasi error 492 saat update aplikasi

Bagaimana tidak kesel, sudah menunggu lama mendownload dan menghabiskan banyak kuota data yang kita miliki untuk update suatu aplikasi dari Google Play Store, eh taunya saat proses instalasi muncul notifikasi “error 492”, di coba lagi tetap saja, lagi – lagi muncul error 492 dimana proses instalasi terhenti dan tidak dapat dilanjutkan. Hal seperti hampir dialami semua pengguna smartphone android.  Dan hal ini terkadang hanya terjadi pada beberapa aplikasi tertentu yang ada di perangkat android kita. Sebenarnya jika hal ini kita biarkan tidak akan menggangu, tetapi kita tidak dapat menggunakan versi terbaru dari aplikasi tersebut. Padahal kita semua tahu jika update aplikasi sangat diperlukan untuk mendapatkan fitur – fitur baru.

error 492, Aplikasi manager, Wipe Cache
Cara mengatasi Error 492

Untuk mengatasi hal ini diperlukan beberapa langkah secara bertahap, yang kami akan tuangkan dalam posting kali ini. Berikut cara mengatasi kesalahan atau error 492 di smartphone android :

  1. Langkah pertama hapus aplikasi yang bermasalah (error 492) dan instal lagi aplikasi tersebut. Jika cara tersebut tidak berhasil ikuti cara / langkah/cara ke 2.
  2. Langkah/cara ke 2, buka Settings >> Manage Applications, kemudian Pilih tab “Semua”
  3. Nah sekarang semua aplikasi aplikasi yang terinstall akan ditampilkan di layar smartphone android anda.
  4. Sentuh “Google Play Store” dan kemudian tekan tombol “Clear data” dan “Clear Chace”.
  5. Kembali ke daftar aplikasi lagi, pilih/sentuh “Google Services Framework” kemudian tekan tombol “Clear data” dan “Clear Chace”.
  6. Kini coba anda buka lagi Google Play Store dan coba lakukan update/install kembali aplikasi yang bermasalah tersebut.
  7. Jika kedua cara diatas masih belum mampu mengatasi masalah 492, cara terakhir adalah melakukan “Wipe cache” dengan masuk ke recovery boot (Clockworkmod) dan kemudian Lakukan “Wipe Cache dan Wipe Dalvik cache.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *