Solusi Mengatasi Masalah Camera Failed Di Samsung Galaxy S20 Series

Kamera pada smartphone merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk saat ini. Hal ini karena pengguna biasanya sering mengabadikan moment menggunakan kamera smartphone. Selain itu kecanggihan teknologi kamera saat ini pun patut kita acungi jempol. Karena gambar yang anda ambil dari smartphone saat ini biasanya cukup bagus. Namun pernahkah anda mengalami permasalahan ketika membuka kamera muncul notifikasi Camera Failed atau Kamera Gagal.

Camera Failed Samsung Galaxy S20
Camera Failed Samsung Galaxy S20

Sumber Gambar

Tentunya hal tersebut sangatlah menjengkelkan. Bisa-bisa kita dapat batal mengabadikan moment pada saat itu. Biasanya masalah ini memang sering terjadi pada perangkat smartphone. Akhir-akhir ini masalah tersebut sering saya jumpai pada perangkat Samsung. Oleh karena itulah pada saat ini saya akan memberikan sebuah tips untuk menanganinya. Tapi sebelum itu anda juga harus mengetahui permasalahan kenapa masalah tersebut muncul.

Penyebab Masalah Camera Failed atau Camera Gagal

Masalah pertama biasanya karena penyimpanan anda sudah penuh atau hampir penuh sehingga anda perlu memindahkan file dahulu kemudian mencobanya kembali. Selanjutnya bisa saja karena operasi sistem anda belum terupdate, terkadang memang tidak semua smartphone dapat update android baru. Tapi jika perangkat anda mendukung update baru tersebut tidak ada salahnya untuk melakukan update.

Kemudian penyebab yang sering terjadi adalah karena Cache pada perangkat Samsung anda menumpuk. Cache sendiri ada yang dari Aplikasi, kemudian ada yang dari operasi sistem sehingga cara membersihkannya berbeda-beda. Selain itu penyebabnya bisa juga karena kamera tidak siap, jika begitu anda dapat membuka pengaturan. Kemudian pada bagian Aplikasi Kamera cobalah tekan tombol paksa berhenti.

Cara Mengatasi Masalah Camera Failed Di Samsung Galaxy S20 Series :

Walaupun perangkat Samsung Galaxy S20 Series ini tergolong sebagai perangkat flagship. Permasalahan seperti peringatan kamera gagal juga masih dapat anda jumpai pada perangkat ini. Jika anda berpikir akan mereset perangkat anda ke pengaturan pabrik. Ada baiknnya sebelum itu mencoba beberapa metode ini. Karena jika berhasil anda tidak perlu mereset perangkat anda ke pengaturan pabrik.

#1 Reset Kembali Pengaturan Kamera Pada Galaxy S20 Series

  • Pertama bukalah aplikasi Kamera anda
  • Kemudian Beralih  ke Settings atau Pengaturan (Biasanya terletak pada bagian pojok kiri atas dengan logo gear)
  • Setelah itu carilah opsi Pengaturan kamera atau Camera Settings. Jika sudah anda temukan tekanlah opsi tersebut
  • Kemudian Scroll Down dan tekanlah tombol Reset Setting atau Reset pengaturan.

#2 Lakukan Wipe Cache Partition Pada Galaxy S20 Series

  • Pertama matikanlah ponsel Galaxy S20 Series anda terlebih dahulu
  • Kemudian tekan dan tahan pada Volume Atas dan Tombol Bixby / Power Button secara bersamaan, Sampai muncul Android Logo
  • Setelah itu tunggu sampai Menu Android Recovery muncul
  • Jika sudah muncul gunakan Volume bawah untuk mencari opsi “Wipe cache partition”
  • Saat sudah anda temukan opsinya, tekanlah tombol Bixby atau tombol power sekali
  • Gunakan lagi Volume Down untuk beralih tempat ke opsi Yes, lalu tekan kembali tombol Bixby
  • Jika sudah tunggulah sampai proses selesai. Jika sudah pilihlah Reboot System Now. Kemudian langsung coba buka aplikasi kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *