Sony Ciptakan Sensor Kamera IMX586 Dengan Resolusi 48 MP

Sony kembali memperkenalkan Sensor kamera paling tinggi di dunia saat ini, yaitu Sony IMX586 yang memiliki resolusi 48 MP Quad Bayer. Sony merupakan salah satu perusahaan teknologi yang tak hanya kuat di industri elektronik, tetapi juga kuat di industri sensor lensa gambar CMOS untuk perangkat mobile. Seperti yang kita ketahui, tak sedikit produsen smartphone yang mengadopsi sensor lensa gambar racikan Sony.

Sony Ciptakan IMX586
Sony Ciptakan IMX586

Sony IMX586 hadir dengan peningkatan resolusi hingga 48 MP alias 8000 x 6000 pixel! Menurutnya, ini adalah resolusi tertinggi yang ada di industri smartphone saat ini di dunia.

Memiliki pixel sebesar itu memberi keuntungan berupa sensitivitas dan level saturasi yang tinggi. Setiap pixel berukuran 0,8 micrometer dan sensornya sendiri 8 mm, cukup besar untuk tipe sensor 1/2 inci.

Yang lebih menarik, IMX586 menggunakan filter warna Quad Bayer yang artinya setiap 2×2 pixel menggunakan warna yang sama. Ini sangat berguna dalam kondisi low-light. Nantinya, warna dari keempat pixel yang berdekatan ditambahkan secara otomatis dan akan menghasilkan foto 12 megapixel yang terang, tajam, serta minim noise.

Intinya, sensor IMX586 menjanjikan gambar yang lebih cerah dengan noise yang sangat rendah terlepas apapun kondisi pencahayaannya.

Pihaknya mengatakan jika Sensor ini dirancang dan diproduksi dengan teknik yang meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya dan efisiensi konversi foto elektrik atas produk konvensional, menghasilkan ukuran piksel 0,8 ?m pertama di dunia, dengan sensitivitas tinggi dan tingkat sinyal saturasi tinggi.

Keunggulan lainnya, sensor lensa gambar ini juga mampu menciptakan foto atau video malam hari yang terlihat lebih cerah dengan meminimalisir noise. Pada siang hari atau pada kondisi lingkungan yang cukup terang, grid akan kembali ke pemprosesan sinyal yang biasa, yakni mencapai 48 MP secara real-time.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.