Step By Step Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

  • Bagikan
Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru
Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

Jika Anda baru saja membeli smartphone baru tentunya yang perlu Anda lakukan adalah mencari cara untuk mentransfer data dari ponsel lama Anda? Hal ini merupakan situasi yang wajar. Anda memiliki smartphone baru bukan berarti data-data Anda juga baru. Anda pastinya masih membutuhkan semua data yang ada pada ponsel lama Anda.

Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru
Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

image source

Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan step by step secara lebih terperinci mengenai cara memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru Anda. Selain itu, penulis juga akan membahas tentang data pokok yang wajib Anda pindahkan pada ponsel baru, jika Anda tidak ingin melakukan semuanya. Cara ini cukup mudah, Anda hanya butuh beberapa menit saja untuk memindahkan semua data tersebut.

Pentingnya Transfer Data dari Ponsel Anda

Orang membeli smartphone baru tentunya setiap saat. Smartphone sekarang ini menjadi bagian yang sangat penting dari kehidupan kita untuk menunjang aktifitas yang lebih baik. Sebenarnya untuk memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru bukanlah yang sulit. Namun sayangnya hal ini tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik.

Saat itu, memindahkan data dari satu ponsel ke ponsel lain biasanya membutuhkan beberapa jam. Hal ini dahulu Anda menggunakan cara manual dengan memanfaatkan aplikasi PC Suite. Aplikasi ini terkadang malah bermasalah dan sistem operasi yang tidak kompatibel satu sama lain. Nah, terlepas dari pemborosan waktu tersebut, ada langkah-langkah menarik dan mudah yang bisa Anda lakukan.

Pada tahun 2021, dua smartphone utama dan sistem operasi seluler (iOS dan Android) telah membuatnya sangat mudah. Hal ini bertujuan jika Anda ingin beralih dari satu smartphone ke smartphone lainnya. Lebih dari itu, bahkan peralihan lintas platform juga tidak serumit dulu.

Hal Penting Sebelum Anda Memulai Transfer Data

Beralih ke smartphone baru biasanya merupakan hal yang sudah Anda rencanakan. Oleh sebab itu, sebagai asumsi penulis bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk memastikan beberapa hal sebelum Anda memutuskan mentransfer data Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai proses transfer data dari smartphone lama ke smartphone baru.

1. Anda perlu memastikan kedua ponsel memiliki jumlah daya yang cukup. Setidaknya baterai berada pada angka 50% ke atas atau lebih baiknya hingga 90%. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada ponsel Anda ketika proses transfer data sedang berjalan.
2. Jangan lakukan reset pabrik ponsel lama Anda sebelum Anda berhasil melakukan transfer data.
3. Jika Anda menggunakan WhatsApp dan ingin memulihkan percakapan Anda, harap buat cadangan terlebih dahulu semua data WhatsApp melalui akun Google Drive Anda.
4. Pastikan sinkronisasi pada perangkat sudah mutakhir, mulai dari kontak, kalender, dan lainnya.
5. Pastikan kedua perangkat telah mengaktifkan WiFi dan terhubung dalam satu jaringan yang sama.

Jika Anda ingin berpindah dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya, pastikan Anda masuk ke akun Google yang sama pada perangkat baru Anda. Namun jika Anda tidak memiliki akses ke ponsel lama Anda, kemungkinan Anda masih dapat memulihkan beberapa data dari sinkronisasi sebelumnya.

Sekarang mari kita jelajahi berbagai alat yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer data dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Android Lama ke Android Baru

Sebagian besar dari kita hanya perlu menggunakan alat pencadangan bawaan Google untuk beralih ke perangkat baru dengan mulus.

Untuk melakukan ini, pastikan Anda mengikuti semua langkah yang penulis sebutkan dalam artikel ini. Setelah Anda yakin semua data penting Anda dari ponsel lama telah dicadangkan, Anda dapat memulai proses untuk mentransfer semuanya ke ponsel baru Anda.

1. Aktifkan ponsel Android baru. Saat pertama kali memulainya, Anda biasanya akan langsung masuk pada layar pengaturan.
2. Pada layar ‘Hai di sana’, pilih bahasa Anda dan klik Mulai.
3. Jika Anda memiliki kartu SIM/kartu memori, lepaskan dari ponsel lama Anda dan masukkan ke yang baru. Anda juga dapat melakukannya nanti. Jika Anda ingin melakukannya nanti, ketuk Lewati.
4. Anda sekarang akan melihat layar yang akan meminta Anda untuk terhubung ke jaringan WiFi. Masukkan kata sandi dan sambungkan.
5. Anda sekarang akan melihat layar yang mengatakan “memeriksa pembaruan.” Setelah itu, Anda akan menemukan pesan yang mengatakan ‘Salin aplikasi & data.
6. Jika Anda ingin menyiapkan ponsel baru tanpa data lama, ketuk ‘Jangan salin‘. Namun jika Anda ingin menyalin data dari perangkat lama Anda, klik Berikutnya. Maka pada layar berikutnya, ini akan memberi Anda tiga opsi:

  • Salin cadangan data secara nirkabel dari ponsel lama
  • Menyalin cadangan data dari cloud
  • Salin data dari iPhone

Silahkan Anda pilih sesuai dengan yang Anda siapkan di atas. Jika Anda memilih opsi kedua, maka cukup masukkan akun Google Anda yang ada pada ponsel lama.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.