Suka Main Game, Begini Cara Membuat Ponsel Tidak Cepat Panas!

  • Bagikan
Mencegah Ponsel Cepat Panas
Mencegah Ponsel Cepat Panas

Ponsel panas selalu menjadi hambatan dan gangguan besar terhadap kinerja ponsel Anda. Apalagi Anda yang setiap hari suka bermain game yang menyebabkan ponsel butuh kinerja lebih dari pada penggunaan biasa.

Cara Membuat Ponsel Tidak Cepat Panas
Cara Membuat Ponsel Tidak Cepat Panas

image source

Bermain game merupakan salah satu hal yang bisa membuat ponsel Anda cepat panas, sehingga tidak salah jika kebanyakan ponsel gaming memiliki pendingin tambahan yang biasanya terpasang pada body ponsel. Namun bagaimana jika ponsel Anda bukan ponsel gaming yang tidak memiliki pendingin tambahan khusus? Nah, dalam kesempatan ini penulis akan membagikan beberapa tips penting yang bisa Anda coba jika Anda memiliki hobi bermain game menggunakan ponsel biasa.

Karena yang pasti, jika Anda bermain game dengan waktu yang cukup lama, maka akan membuat ponsel Anda panas. Oleh karenanya, Anda dapat mengantisipasi dengan beberapa langkah ini yang perlu Anda lakukan sebelum mulai bermain game.

Cara Mencegah Ponsel Cepat Panas Saat Bermain Game

Ponsel yang panas akan menjadi lemot dan kurang responsif saat dipakai terutama jika mengalami panas berlebih. Lalu hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah serius pada ponsel Anda. Adapun masalah itu, termasuk baterai bocor, kehilangan data, dan masalah pelik lainnya. Ponsel pun berpotensi mati total bila batas suhu terlewatkan.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Sebaiknya sebelum Anda bermain game, tutup terlebih dahulu semua aplikasi yang tidak ada kaitannya dengan game tersebut. Mulai dari sosial media, youtube dan lainnya. Jangan sampai Anda bermain game sembari mendengarkan lagu dari Youtube maupun aplikasi lain. Karena ini akan lebih banyak menguras penggunaan memory pada ponsel Anda yang akan menyebabkan ponsel menjadi cepat panas.

Alhasil, jika ponsel Anda panas, maka kinerja ponsel biasanya akan menurun dari biasanya. Dan salah satu cara untuk mengembalikannya lagi adalah dengan mendinginkannya kembali.

Bersihkan Ruang Penyimpanan

Jika Anda memiliki penyimpanan terbatas, sebaiknya lakukan pembersihan terlebih dahulu pada ruang penyimpanan Anda. Misalnya dengan menghapus semua cache aplikasi lain yang sudah lama tidak Anda gunakan. Karena jika penyimpanan Anda kecil, maka terkadang beberapa data tidak akan masuk dalam game tersebut, seperti halnya membeli senjata baru, skin dan sebagainya.

Sebagai gantinya, bersihkan memory terlebih dahulu, hapus cache beberapa aplikasi dan bahkan hapus aplikasi lain yang sekiranya tidak Anda gunakan.

Pilih Ruangan yang Memiliki Sistem Pendingin

Hindari bermain game dalam lokasi terik matahari terpancar langsung ke ponsel. Jika Anda memiliki ruangan yang memiliki sistem pendingin baik seperti halnya AC dan lainnya, maka Anda bisa bermain game dalam ruangan tersebut. Ruang menjadi hal penting untuk mencegah ponsel Anda cepat panas dengan pamakaian yang cukup tinggi. Dan bermain game merupakan salah satu pemakaian ponsel cukup tinggi.

Selain itu, kenali juga 5 penyebab ponsel Android sering overheat sehingga Anda dapat membuat ponsel jadi lebih awet dan tahan lama.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.