Tak Angin Lokasi Diketahui, Berikut Cara Mematikan Pelacakan Google di Ponsel Anda

  • Bagikan
Mematikan Pelacakan Googlejpg
Mematikan Pelacakan Googlejpg

Mematikan pelacak Google pada Ponsel Anda akan terhindar dari orang lain untuk mengetahui lokasi keberadaan Anda. Ini akan sangat bermanfaat jika Anda ingin merahasiakan tempat dimana Anda singgah dalam suatu daerah tertentu.

Mematikan Pelacakan Google pada Ponsel Anda
Mematikan Pelacakan Google pada Ponsel Anda

image source

Sebelumnnya Google tidak mengizinkan pengguna untuk mematikan fitur ini pada ponselnya. Tidak tau alasan secara pastin tentang hal ini, hanya saja sekarang ini seperti mengutip dalam laman kompas.com bahwa Google tengah izinkan pengguna untuk mematikan pelacakan di Ponsel Android.

Secara tidak langsung ini merupakan kabar baik bagi Anda, yang sekarang ini dapat menjaga lebih tentang privasi Anda. Karena jika fitur Pelacakan Google ini aktif, maka semua riwayat lokasi yang pernah Anda singgahi akan tersimpan lengkap pada akun Google Anda. Bukan tidak mungkin data-data ini bisa bocor ke orang lain bahkan mereka yang dengan sengaja meretas akun Anda.

Bicara tentang peretasan akun selalu menjadi perhatian banyak orang. Akun yang bersifat sebuah data sekarang ini menjadi hal urgen dan sangat penting. Akun akan berisi data-data privasi Anda yang wajib Anda jaga. Jangan sampai lengah dalam menggunakan media sosial atau bahkan ponsel Anda, sehingga orang lain yang tidak bertanggung jawab dengan mudah mengambilnya.

Nah, jika Anda ingin merahasiakan lokasi Anda, Anda sudah saatnya dapat mengontrol ponsel Anda dengan mematikan fitur Pelacak Google tersebut. Sehingga Google tidak memiliki atau menyimpan riwayat lokasi yang pernah Anda kunjungi maupun saat ini.

Cara Mematikan Pelacakan Google di Ponsel Android Anda

Untuk mematikan Pelacakan Google pada Ponsel Anda caranya sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya secara langsung melalui ponsel Anda. Dengan mematikan fitur ini, Google akan berhenti melacak dan menyimpan beberapa data lokasi Anda, bahkan Anda juga dapat menghapus riwayat lokasi yang Google simpan sebelumnya.

Namun begitu, riwayat Google juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya ada kemungkinan bahwa data lokasi suatu hari nanti dapat digunakan untuk menjadi barang bukti saat Anda tengah menghadapi masalah. Misalnya lokasi tersebut menunjukkan bahwa Anda akan pergi ke suatu tempat (atau sudah pernah ke sana) di mana Anda tidak seharusnya berada. Dan tentu saja, beberapa orang juga tidak menyukai terhadap Google yang ingin mengetahui setiap aspek kehidupan para penggunanya. Jadi Anda bisa mematikannya agar Google tidak menyimpan riwayat Anda.

Selain pada Android, penulis juga akan menyertakan cara yang bisa Anda gunakan pada perangkat Apple. Baik iPhone, iPad dan semacamnya yang termasuk dalam perangkat Apple seluler.

Cara Mematikan Pelacakan Google pada iOS

1. Bagi pengguna iOS, Anda perlu membuka menu ‘Kontrol Aktivitas’ dengan mengaksesnya melalui myaccount.google.com/activitycontrols menggunakan browser Anda.
2. Kemudian masuk ke akun menggunakan kredensial pengguna
3. Lalu hapus centang pada tombol ‘Aktivitas Web & Aplikasi’ pada halaman tersebut
4. Selanjutnya, gulir ke bawah sedikit dan hapus centang pada tombol ‘Riwayat Lokasi’ riwayat lokasi iphone.
5. Maka setelah menerapkan langkah tersebut, secara otomatis aktisifasi akun Geogle iOS anda telah nonaktif.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.