Tips Agar Smartphone Terhindar Dari Ancaman Malware

Saat kamu memiliki smartphone, pasti kamu akan sangat sayang dengannya. Bahkan, kamu pasti selalu memandangi smartphone tersebut dan selalu ingin merawatnya apapun yang terjadi. Kamu akan menghindari smartphone dari marabahaya apapun, seperti goresan hingga menjaga agar ponsel tersebut tidak terkena ancaman Malware.

Cara Mencegah Ancaman malware
Cara Mencegah Ancaman malware – Via: tekno.kompas.com

Sistem operasi Android awalnya dianggap aman dari serangan malware. Namun kini, hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena banyak cara yang bisa dilakukan para peretas untuk menggencarkan serangan terhadap smartphone Android, salah satunya adalah ancaman malware.

Serangan malware terhadap smartphone Android tidak hanya mengakibatkan penurunan performa smartphone saja, tetapi juga bisa membahayakan keamanan data yang tersimpan dalam smartphone, seperti halnya ancaman pada PC. Meski sudah melakukan tindakan pencegahan, masih ada kemungkinan Android Anda terinfeksi malware yang ada di software. Ini beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mencegah serangan Malware pada smartphone.

Tips Agar Smartphone Terhindar Dari Ancaman Malware

Jangan Download Aplikasi di Luar Playstore

Banyak situs yang menyediakan layanan download aplikasi pihak ketiga, dan tentu saja tidak menggaransi aplikasi tersebut bebas dari Malware atau Spyware. Karena tidak sedikit para developer nakal memanfaatkan yang menanamkan malware dan spyware pada aplikasi buatan mereka. Sehingga mengakibatkan ancaman terhadap keamanan data-data anda.

Install Antivirus

Salah satu hal terpenting untuk menjaga smartphone kamu dari ancaman virus adalah dengan memasang anti virus. Mungkin ada yang bertanya mengapa harus anti virus yang terbaru. Karena itu juga butuh benteng yang lebih baik agar smartphone kamu kebal terhadap virus. Jika di smartphone kamu sudah terinstall antivirus, maka setidaknya kamu sudah melakukan pencegahan terhadap ancaman Malware.

Install Aplikasi Anti-Malware

Sebagian besar dari kamu pasti jarang banget memiliki aplikasi anti-malware pada smartphone Android yang kamu gunakan. Biasanya, kamu beralasan kalau memasang aplikasi tersebut akan memberatkan sistem smartphone. Padahal, dengan meng-install aplikasi anti-malware, akan membuat smartphone kamu tetap aman dari serangan malware.

Lakukan Update Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi Android Anda juga merupakan langkah penting untuk menghindari malware. Selain mengoptimalkan fungsi perangkat, update OS ini biasanya juga membawa perbaikan bugs sehingga bisa mencegah malware.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ancaman virus Malware yang bisa kapan saja menyerang perangkat anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.