Tips Backup Data Pada Android Tanpa Install Aplikasi Tambahan

Backup merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pengguna Android. Dengan melakukan backup maka kita akan meminimalisir terjadinya kehilangan data di Android, seperti foto, musik, SMS, dan lainnya. Untuk menghindari hal ini, maka diperlukan backup secara berkala di ponsel Android mu. Tak ada yang tau jika suatu saat nanti data dan file di ponsel android bisa hilang dan terhapus. Entah itu karena ganti ROM, factory reset, serangan malware, file tidak sengaja terhapus, ganti ponsel baru dan lain sebagainya.

Misalnya saat Android Anda mengalami kerusakan dan harus direset, maka cara backup data Android sebelum factory reset ini memang sangat diperlukan. Anda mungkin sangat berhati-hati menjaga data dan file agar tetap aman, namun ketika musaibah itu dataang maka tak akan bisa ditolak. Jika Anda tidak siap, maka mimpi buruk itu menghapus semua game, foto, musik, video, kontak, sms, dan dokumen penting di Android Anda. Oleh karena itu, hal yang perlu Anda lakukan adalah mem-backup data Android Anda.

Tips Backup Data Pada Android Tanpa Install Aplikasi Tambahan 1

Cara backup data Android juga sangat banyak variasinya, tinggal Anda pilih mana yang cocok dan mudah dilakukan. Dan pada pembahasan kali ini kami akan berbagi kepada Anda bagaimana cara mem-backup data pada Android. Cara ini memanfaatkan fitur Backup & Reset di menu settings. Semua ponsel Android memiliki fitur ini hanya saja dalam bentuk format yang berbeda-beda. Cara ini merupakan cara yang paling mudah jika ingin membackup password, referensi, data aplikasi, dan lain lain. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke menu Settings kemudian klik Personal Backup & Reset. Selanjutnya aktifkan Back up my data.

2. Lalu kembali ke menu Setting lalu pilih Personal lalu Account and Sync.

3. Kemudian login menggunakan akun Google yang kamu gunakan di ponsel Android.

4. Lakukan proses sinkrokinasi dengan Google Backup.

5. Selanjutnya akan tampil daftar data yang bisa dibackup. Pilih yang perlu saja atau semuanya jika ingin aman. Tunggu beberapa saat sampai proses sinkronisasi selesai.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.