Tips Cerdas Amankan Akun Google Anda Agar Tidak Mudah Di Curi

Pada zaman ini kita sebagai penikmat perangkat smartphone yang sudah jauh berkembang dan menjadi lebih canggih, tentunya kita sebagai pengguna juga di haruskan memiliki akun kita sendiri untuk dapat mengakses beberapa fitur yang ada di dalam smartphone kita tersebut. Contohnya adalah akun Google yang menjadi bagian penting di dalamnya terkhusus penguna Android pada smartphone. Terlebih di dalamnya tersinkronisasi banyak hal seperti contact, pesan, e-mail, dan location history. Karena itu, kita diharuskan untuk tetap bisa menjaga akun google kita tetap aman.

Apalagi bagi anda yang merupakan penikmat game yang menggunakan akun google sebagai akun utama agar bisa masuk ke dalam karakter game anda tersebut. Pastilah anda akan sangat berhati-hati untuk tetap menjadi agar akun game anda tetap bisa anda gunakan dan tidak hilang karena para oknum yang tak bertanggung jawab. Maka dari itu saya akan membagikan beberapa tips cerdas yang bisa anda coba untuk membuat akun google anda tetap aman dan tidak mudah hilang.

Proteksi Akun Google
Proteksi Akun Google

1. Kamu Bisa Mengecek Lagi Password Akun Google Milikmu

Dalam hal ini kamu merupakan orang yang harus selalu mengingat password yang kamu berikan ketika membuat akun google pertama kali. Apakah kamu menggunakan password menggunakan nama keluarga, orang terdekat, ulang tahun, atau nama daerah dan jalan rumahmu. Atau mungkin kamu menggunakan password yang sering kamu gunakan, password yang susah diingat, dan mungkin saja password tersebut terlalu pendek. Jika benar, maka kamu bisa memikirkan cara lain untuk menggunakan password, karena hal tersebut akan sangat mudah untuk di ketahui orang lain atau juga bisa membuat kamu mudah lupa tentang password yang kamu berikan sendiri.
Catatan: Gunakan kata yang berbeda dan sulit untuk ditebak orang lain, agar kamu tidak mudah lupa catat password tersebut dan simpan agar tidak mudah hilang dan bisa dengan mudah kamu temukan.

2. Gunakan Verifikasi 2 Langkah Untuk Kestabilan Proteksi

Verifikasi 2 Langkah atau juga dikenal sebagai autentikasi 2 faktor, kamu bisa menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun kamu. Sesuai dengan setelan yang sudah di sarankan oleh sistem google pada saat anda membuat akun google anda. Dan setelah menerapkannya, Kamu akan melalui dua tahap login ke akunmu sendiri menggunakan password dan kunci dari ponsel atau kode yang terkirim ke perangkat anda sendiri.

3. Pastikan Aktivitas Layanan Third-Party Pada Akun Google Anda Tidak Ada Hal Yang Mencurigakan

Selalu melihat lagi layanan third-party yang menggunakan akses akun Google kamu ketika kamu berinteraksi menggunakan Google dengan cara tertentu baik ponsel atau komputer, bahkan di dalam layanan Google seperti Gmail atau Documents, aplikasi ini akan mendapatkan tingkat akses tertentu ke data akun Google kamu. Dan ketika kamu melihat sebuah aktivitas yang sedang tidak kamu lakukan atau mungkin melihat sebuah aktivitas akun google kamu dan merasa tidak pernah melakukan aktivitas tersebut, kamu bisa langsung menghapusnya saja.

4. Pastikan Mengaktifkan App Permissions Pada Ponsel

Untuk mengaktifkan App Permission kamu bisa masuk ke bagian Privacy pada sistem pengaturan ponsel dan pilih ‘permission manager’ (setiap ponsel bisa berbeda tergantung versi Android yang digunakan). Untuk cara mengaktifkan yang lebih jelas, kamu bisa mencarinya sesuai dengan jenis android yang saat ini smartphone kamu gunakan.

Nah itulah beberapa langkah mudah dan cerdas yang bisa kamu terapkan ke dalam akun google kamu agar tetap aman dan tidak mudah untuk di curi atau mudah hilang karena lupa password dan sebagainya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.