Tips Cerdas Dalam Menggunakan Fitur Keamanan Twitter

Baiklah, kali ini kami akan memberikan sebuah tips cerdas untuk anda para pengguna baru aplikasi Twitter tentang bagaimana cara menggunakan fitur keamanan pada Twitter dengan mudah. Dimana seperti yang sudah di kabarkan bahwa Twitter baru membuat penyesuaian untuk fitur keamanannya, pengguna tidak perlu menyerahkan nomor telepon karena menggunakan otentifikasi dua faktor (2FA) yang diperbarui.

2FA sendiri merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah orang lain mengakses dan mengambil alih akun anda. Memang di dalam Twitter sendiri telah memiliki fitur 2FA selama bertahun-tahun, tapi baru mengumumkan bahwa pengguna sekarang bisa memakai fitur 2FA tanpa menghubungkan nomor telepon ke akun mereka. Seperti yang sudah di kabarkan Direktur Produksi Kayvon Beykpour, bahwa pengguna dengan nomor mereka ditautkan ke akunnya selain otentikasi berbasis aplikasi dapat menghapus nomor dan tetap mengaktifkan 2FA mereka.

Fitur Keamanan Twitter
Fitur Keamanan Twitter

Dimana Twitter sudah menawarkan tiga cara untuk mengamankan akun yaitu, dengan pesan teks SMS, melalui aplikasi otentikasi seperti Authy atau Google Authenticator, atau dengan kunci keamanan fisik. Teks otentikasi SMS dapat dicegat melalui pembajakan SIM oleh penjahat yang berusaha untuk mendapatkan kendali atas akun. Meskipun kunci fisik mungkin merupakan cara terkuat melindungi dari peretasan, aplikasi autentikator juga merupakan opsi yang solid, yang menjadi cara terbaik dan termudah untuk mengamankan akun pengguna tanpa kunci fisik.

Berikut cara cerdas dalam menggunakan fitur keamanan Twitter:

  1. Di menu samping, klik Selengkapnya, lalu klik Pengaturan dan privasi.
  2. Klik pengaturan Akun lalu klik Keamanan.
  3. Sentuh Autentikasi dua faktor.
  4. Ada tiga metode yang dapat Anda pilih: SMS, Aplikasi autentikasi, atau Kunci keamanan.

Untuk anda yang ingin menggunakan keamanan lewat SMS:

  1. Klik kotak centang di samping SMS.
  2. Baca petunjuk ikhtisar, lalu klik Berikutnya.
  3. Masukkan kata sandi Anda, lalu klik Verifikasi.
    Catatan: Jika Anda belum memiliki nomor ponsel yang dikaitkan dengan akun Anda, kami akan meminta Anda memasukkannya. Selain itu, Anda bisa saja tidak memilih opsi yang mengizinkan kontak Anda untuk menemukan Anda di Twitter.
  4. Setelahnya, kami akan meminta Anda untuk memasukkan kode konfirmasi yang kami kirim lewat SMS. Ketikkan kodenya, Anda akan melihat layar konfirmasi dengan kode cadangan. Sebaiknya Anda menyimpan gambar layar kode apabila Anda perlu menggunakannya nanti. Tindakan tersebut akan membantu Anda mengakses akun jika ponsel hilang atau mengganti nomor.
  5. Klik Paham jika proses di layar ini sudah selesai.

Berikut untuk mengamankan akun Twitter melalui aplikasi autentikasi:

  1. Klik kotak centang di samping Aplikasi autentikasi.
  2. Baca petunjuk ikhtisar, lalu klik Mulai.
  3. Jika diminta, masukkan kata sandi Anda dan klik Verifikasi.
  4. Anda akan diminta untuk menautkan aplikasi autentikasi ke akun Twitter Anda dengan memindai kode QR. (Jika Anda belum menginstal aplikasi di perangkat, Anda perlu mengunduhnya. Anda dapat menggunakan aplikasi autentikasi kata sandi sekali pakai berbatas waktu (Time-based One Time Password/TOTP) apa pun seperti Google Authenticator, Authy, Duo Mobile. 1Password, dll.)
  5. Setelah Anda memindai kode QR, klik Berikutnya.
  6. Masukkan kode yang dibuat oleh aplikasi, lalu klik Verifikasi.
  7. Anda akan melihat layar konfirmasi. Klik Paham untuk menyelesaikan pengaturan.

Dan terahir jika anda ingin melalui Kunci keamanan:

  1. Untuk memulai, Anda harus menyalakan salah satu dari dua metode autentikasi dua faktor: SMS atau Aplikasi autentikasi.
  2. Klik Kunci keamanan.
  3. Baca ikhtisar, lalu klik Mulai.
  4. Masukan kunci keamanan fisik ke port USB komputer Anda, lalu sentuh kunci tersebut.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan.
    Catatan: Anda perlu menggunakan browser versi terbaru yang didukung, seperti Chrome, Edge, Firefox, Opera, atau Safari untuk menambahkan atau masuk ke akun Anda dengan kunci keamanan.

Dengan begitu akun Twitter anda sudah aman dengan penggunaan aplikasi autentikasi yang solid dan juga pengamanan dari aplikasi Twitter itu sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda semua.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.