Tips dan Cara Mengetahui Baterai yang Asli dan palsu

Anda ingin membeli smartphone? Namun masih bingung memilih merk dan juga harga yang sesuai dengan budget? Untuk memenuhi kebutuhan para konsumen mengenai smartphone, memang saat ini sudah banyak kita jumpai berbagai merk, mulai dari yang paling murah hingga yang termahal, semua bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tahukan Anda, bahwa tidak semua barang yang dijual terjamin originalitasnya. Seringkali celah ini dimanfaatkan oleh para penjual nakal yang ingin meraup keuntungan. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan mengganti komponen smartphone itu sendiri, seperti misalnya bateria.

ciri ciri baterai smartphone palsu

Kita mungkin tidak begitu memperhatikan, bahwa tidak semua baterai terjamin keasliannya. Nah, untuk menghindari jebakan batman terhadap kualitas baterai asli atau palsu, berikut beberapa tips sederhana yang akan menambah pengetahuan Anda ketika ingin membeli smartphone.

Terdapat hologram

Semua baterai smartphone untuk segala merk pasti terdapat sticker hologram. Anda harus memeriksa dengan seksama. Jika tidak ada sticker hologram, dan hanya ada sticker biasa,maka sudah bisa dipastikan baterai tersebut adalah palsu. Biasanya pada sticker hologram tersebut akan terdapat logo merk smartphone tersebut. Disini Anda juga harus jeli, karena ada juga beberapa baterai berhologram, namun setelah dicek, hologram tersebut hanyalah sticker biasa yang mirip dengan sticker hologram.

Permukaan baterai

Setelah Anda memeriksa kondisi baterai, terutama pada stickernya, Anda juga bisa memeriksa permukaan baterai, khususnya pada bagian atas yang merupakan kutub baterai. Biasanya untuk baterai yang ogirinal, permukaan baterai terlihat sangat rapi dan kuat, berbeda jika dibandingkan dengan baterai yang palsu. Biasanya baterai yang palsu permukaan pada bagian kutub baterai agak sedikit kasar.

Baterai cepat menggelembung

Beberapa kasus yang terjadi, yaitu ada smartphone yang meledak ketika sedang di charge adalah karena kondisi baterai yang tidak berkualitas atau palsu, dan ini sangat berbahaya. Jika dalam jangka waktu yang belum terlalu lama dar tanggal pembelian kondisi baterai sudah mulai menggelembung, maka sudah bisa dipastikan baterai yang digunakan adalah palsu. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, segera tukarkan baterai tersebut dengan yang asli, tunjukkan bahwa baterai tersebut ketika di charge kondisinya menggelembung.

Demikianlah beberapa tips singkat mengenai bagaimana mengenali baterai smartphone yang asli dan palsu. Mudah mudahan bisa menjadi panduan ketika ingin membeli sebuah smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.