Tips dan Trik Menambahkan Widget di Ponsel Android

  • Bagikan
Menambahkan Widget di Android
Menambahkan Widget di Android

Widget adalah salah satu fitur Android yang paling selalu dikesampingkan oleh kebanyakan pengguna. Padahal jika Anda dapat berfikir secara lebih teliti, menggunakan widget merupakan bagian dari menampilkan informasi penting dan relevan secara langsung dari layar beranda ponsel Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol setelan perangkat penting, dan banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menghadirkan Widget pada layar beranda Anda.

Menambahkan Widget di Ponsel Android
Menambahkan Widget di Ponsel Android

image source

Ada banyak widget yang tersedia dalam perangkat Android, baik bawaan ataupun yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store. Ini akan dapat membantu Anda mencapai apa yang Anda inginkan dan memungkinkan Anda merpersonalisasi layar beranda persis seperti yang Anda inginkan.

Namun, jika Anda baru mengenal dunia Android, lihat panduan ini tentang tips dan trik cara mudah menambah, menghapus, dan mengubah ukuran widget pada perangkat Android Anda.

Hal Penting Perlu Anda Ketahui Tentang Widget

Tidak seperti iPhone, widget Android dapat bersifat interaktif, yang berarti Anda dapat memiliki widget dengan sakelar dan tombol untuk mengontrol perangkat tertentu. Seperti halnya Smart Home, headset Bluetooth, berbagai pengaturan perangkat, dan banyak lagi. Selain itu, widget apa pun yang ada pada layar beranda Anda akan diperbarui secara berkala untuk menampilkan informasi terkini, seperti berita atau Tweet.

Perangkat Android Anda akan dilengkapi dengan widget pra-instal, tetapi Anda selalu dapat mengunduh lebih banyak dari Google Play Store. Anda juga dapat melihat kumpulan widget Android terbaik yang menjadi bawaan ponsel.

Sangat mudah untuk menambahkan widget pada perangkat Android mana pun, yakni dengan cukup tahan jari Anda ke layar beranda dan pilih opsi Widget dari menu yang terbuka. Berikut adalah cara mudah menambahkan Widget pada ponsel Anda.

Cara Menambahkan Widget ke Ponsel Samsung Anda

1. Tekan lama pada area kosong dalam layar beranda perangkat Samsung Galaxy tempat Anda ingin meletakkan widget.
2. Dari menu yang muncul bagian bawah, ketuk Widget.
3. Sekarang, lanjutkan untuk memilih aplikasi yang widgetnya ingin Anda tambahkan ke layar beranda.
4. Jika widget tersedia dalam beberapa ukuran, pertama-tama Anda harus memilih ukuran yang ingin Anda gunakan. Ukuran widget akan tampil pada bagian atas bersama jenisnya. Ketuk Tambah.
5. Anda dapat memindahkan widget ke layar beranda dengan menekan lama dan menyeretnya ke posisi yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga dapat mengubah ukuran widget setelah menambahkannya juga. Widget tertentu secara otomatis beralih ke tata letak yang berbeda saat Anda mengubah ukurannya. Untuk mengubah ukuran widget pada ponsel Samsung Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Mengubah Ukuran Widget Pada Layar Beranda

1. Tekan lama pada widget yang ingin Anda ubah ukurannya hingga gagang seret muncul.
2. Lanjutkan untuk menarik dan menambah/mengurangi ukuran widget sesuai keinginan Anda. Beberapa widget hanya memungkinkan Anda menyeretnya secara horizontal, sementara yang lain juga memungkinkan Anda menyeretnya secara vertikal.
3. Saat Anda menambah atau mengurangi ukuran widget, itu akan secara otomatis memperbarui tata letaknya untuk menampilkan lebih banyak (atau lebih sedikit) konten.
4. Setelah selesai, cukup ketuk area kosong pada layar beranda Anda atau tekan tombol kembali.

Bagaimana cara menghapusnya? Menghapus widget juga semudah menambahkannya. Cukup tekan lama pada widget yang ingin Anda hapus dan ketuk opsi Hapus.

Untuk saat ini, Anda juga bisa menambahkan Widget terbaru layaknya Android 12 pada ponsel Anda. Dengan begitu, walaupun Anda belum mendapatkan pembaruan Android 12, setidaknya saat ini Anda sudah bisa menikmati Widget Android 12 yang keren dan memiliki tampilan berbeda dengan sebelumnya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.