Tips dan Trik Merekam Layar Ponsel dengan Baik dan Benar

  • Bagikan
Tips dan Trik Merekam Layar Ponsel
Tips dan Trik Merekam Layar Ponsel

Ada hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum merekam layar ponsel agar mendapatkan hasil yang baik. Merekam layar memiliki manfaat salah satunya saat akan membuat sebuah tutorial atau panduan khusus agar lebih mudah orang lain pahami tentang sebuah ponsel.

Tips dan Trik Merekam Layar Ponsel
Tips dan Trik Merekam Layar Ponsel

image source

Merekam layar ponsel lebih dari sekedar mengambil screenshot layar. Beberapa manfaat ketika Anda merekam layar ponsel Anda adalah dapat menjadi fasilitas demonstrasi penggunaan sebuah aplikasi atau website. Dengan membuat tutorial penggunaan melalui rekaman layar, diharapkan informasi demonstrasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pengguna.

Oleh karenanya, Anda jangan sampai salah dalam melakukan perekaman layar. Hal yang menjadi masalah terkadang munculnya watermark pada hasil rekaman layar sebelumnya tidak Anda sadari. Nah, agar mendapatkan hasil yang terbaik dan benar, berikut ini tips dan trik yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukan perekaman layar pada ponsel Anda.

Tips dan Trik Merekam Layar Ponsel dengan Baik dan Benar

Hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan merekam layar ponsel adalah alat perekamnya. Ada banyak pilihan aplikasi perekam layar yang bisa Anda download melalui Google Play Store. Namun selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi perekam layar bawaan jika ponsel Anda mendukungnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perekam Layar Bawaan

Jika Anda menggunakan Android 10 atau yang lebih tinggi, biasanya Google menyematkan fitur baru, yakni perekam layar bawaan Android yang bisa dengan mudah Anda akses. Untuk membukanya Anda tidak perlu ribet, cukup buka melalui pengaturan cepat ponsel Anda. Artinya, Anda tidak membutuhkan lagi aplikasi perekam layar pihak ketiga.

Ini merupakan fitur bagus dan menarik yang dinanti para pengguna sejak dulu. Jadi Anda tidak perlu lagi mencari aplikasi perekam layar terbaik pada Google Play Store dengan fitur lengkap. Karena perekam bawaan Android 10 ini memiliki fitur lengkap dan penggunaannya juga mudah.

Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Bagi Anda yang sedang menjalankan Android 9 atau ke bawahnya, Anda kemungkinan besar tidak akan menemukan fitur ini pada ponsel ini. Jadi sebagai solusi terbaik, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Misalnya Anda dapat menggunakan AZ Screen Recorder sebagai perekam layar pilihan Anda. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap dan mudah Anda gunakan. Dan yang paling penting, aplikasi ini memunculkan Watermark pada hasil rekamannya.

Hal lain yang menarik dari menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder ini adalah Anda dapat merekam panggilan video WhatsApp dengan mudah. Jadi Anda sekarang akan lebih mudah untuk menyimpan percakapan video Anda dengan orang lain melalui bantuan aplikasi ini.

Kesimpulan

Dari sekian banyak aplikasi perekam layar yang tersedia, Anda dapat memilih sesuai kapasitas ponsel anda. Namun jika Anda memiliki fitur bawaan, lebih baiknya Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi.

Selain itu, tentunya masing-masing aplikasi memiliki keunggulan tersendiri yang cocok dengan kebutuhan rekam layar yang anda lakukan. Dengan berbagai kemudahan aplikasi perekam layar, diharapkan sebagai pengguna untuk bijak dalam merekam layar. Anda dapat merekam demonstrasi aplikasi untuk edukasi, merekam permainan favorite sebagai hiburan ataupun yang lainnya.

Hindari merekam layar untuk perbuatan yang illegal, seperti live streaming acara berbayar. Karena, apabila aktfitas tersebut anda lakukan, akan berdampak negatif dan termasuk perbuatan pembajakan dan perbuatan tersebut dilarang oleh undang-undang.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.